Kenali Berbagai Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Kusut

Kenali Berbagai Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Kusut

Rambut merupakan bagian tubuh yang sangat berharga, baik untuk pria maupun wanita. Semua orang pasti menginginkan untuk memiliki rambut yang lembut dan sehat. Namun terkadang berbagai masalah dapat mengurangi keindahan dan kesehatan rambut sehingga membuatnya nampak kusut dan kusam.

Jika Anda mengalami hal semacam ini, maka Anda akan membutuhkan cara mengatasi rambut kusut agar rambut Anda tidak semakin rusak dan susah diatur. Namun sebelum kita bahas solusi untuk mengatasi rambut yang kusut, tidak ada salahnya jika kita bahas dahulu apa saja yang bisa menyebabkan rambut menjadi kusut.

Penyebab Rambut Kusut

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa menyebabkan rambut Anda menjadi kusut.

1. Rambut Kering

Rambut kering yang dimaksud di sini adalah kering karena hilangnya kelembaban alami rambut. Biasanya rambut tampak ringan, kusam dan tidak berkilau serta kusut dan mudah patah.

2. Tidur dengan Keadaan Rambut Basah atau Masih Diikat

Tidur saat rambut basah setelah keramas dan juga tidur dalam keaadaan rambut diikat atau dikepang justru akan membuat rambut Anda kusut saat bangun, selain kusut rambut juga akan menjadi lebih rapuh.

3. Jarang Menyisir Rambut

Biasanya orang yang meiliki rambut pendek lebih jarang menyisir karena merapikan dengan jari dirasa sudah cukup. Tahukah anda ternyata menyisir sangat penting bagi kondisi rambut. Jarang menyisir membuat rambut menjadi kusut dan peredaran darah di kulit kepala menjadi kurang lancar, hal ini menjadikan rambut berminyak bahkan berketombe.

4. Jarang Merapikan Rambut

Merapikan rambut yang dimaksud adalah trimming atau memotong sedikit ujung rambut secara berkala. Ujung rambut yang lama tidak dipotong membuatnya bercabang dan rapuh, rambut rapuh ini akan mudah sekali menjadi kusut.

Cara Mengatasi Rambut Kusut

Setelah Anda mengetahui penyebab rambut kusut, berikutnya adalah perlu Anda ketahui juga bagaimana cara mengatasi rambut kusut. Anda bisa menyimak dan melakukan beberapa tips di bawah ini:

1. Gunakan Sisir yang Bergigi Jarang

Ketika menyisir rambut yang kusut sebaiknya memakai sisir bergigi jarang. Sisir ini akan membantu mengurai rambut kusut anda tanpa membuatnya menjadi rontok. Jangan lupa untuk menyisir rambut minimal sehari satu kali.

2. Memakai Shampoo & Conditioner Untuk Mengurangi Kekusutan

Selain shampoo, jangan lupa juga biasakan untuk memakai conditioner setiap keramas. Karena conditioner memiliki fungsi utama untuk mengunci kelembaban rambut agar tidak kering, rambut lembab akan mengurangi risiko kusut. Tidak asal memilihnya, sebaiknya Anda menggunakan shampoo dan konditoner yang dapat membantu dalam melembabkan dan melembutkan rambut, sehingga rambut Anda tidak kusut dan lebih mudah disisir. Dalam kasus ini, Anda bisa menggunakan Dove Total Damage Treatment Shampoo dan juga Dove Total Damage Treatment Conditioner.

3. Gunakan Hairmask Seminggu Sekali

Masker rambut membuat rambut lebih lembab dan udah diatur, selain itu juga akan membantu memperbaiki kutikula rambut sehingga rambut tampak lebih berkilau, tidak perlu terlalu sering, cukup lakukan seminggu sekali.

4. Gunakan Minyak Rambut Seminggu Sekali

Selain conditioner dan masker rambut, sesekali gunakan minyak rambut. Minyk rambut yang bisa anda gunakan antara lain minyak zaitun aatau minyak kelapa. Mirip dengan masker rambut minyak rambut akan membantu melembabkan dan melembutkan rambut sehingga rambut tidak mudah kusut.

5. Keramas Menggunakan Air Dingin & Keringkan Rambut dengan Benar

Keramas dengan menggunakan air dingin akan menguatkan akar raambut dan tidak membuat rambut kering sehingga anada akan terhindar dari rambut kusut. Demikian pula dengan cara mengeringkannya, alih-alih menggosok tidak beraturan sebaiknya tepuk-tepuk rambut saat mengeringkannya dengan handuk kemudian biarkan kering sendiri secara alami.

6. Hindari Penggunaan Alat Styling Secara Terus-menerus

Alat styling seperti catok lurus ataupun pengeriting bahkan hair dryer bekerja dengan memberikan gelombang panas. Jika terlalu sering menggunakannya bahkan dalam jangka waktu yang lama, maka gelombang panas ini tentu saja akan mengikis kelembaban alami rambut, dan membuat rambut Anda menjadi kering. Rambut kering dan rapuh ini akan memicu menjadi kusut.