5 Fungsi Sistem Rangka Manusia yang Perlu Anda Ketahui

Fungsi Sistem Rangka Manusia yang Perlu Anda Ketahui

Ketika duduk di bangku sekolah ataupun perkuliahan, mungkin Anda pernah mempelajari materi pelajaran tentang sistem rangka manusia. Misalnya pada pelajaran IPA ataupun Biologi. Sistem rangka manusia itu sendiri merupakan serangkaian tulang yang dapat memberikan manusia bentuk, juga struktur, gerak, serta perlindungan.

Selain itu, sistem rangka pada manusia juga berperan dalam menghasilkan sel darah merah dan juga mineral. Di samping itu, sistem rangka juga dapat menghasilkan berbagai hormon yang dibutuhkan, sehingga sistem di dalam tubuh dapat berfungsi dan bekerja dengan baik.

Tahkah Anda jika manusia dilahirkan ke dunia ini dengan 300 tulang. Namun seiring pertumbuhan dan perkembangannya, ada tulang-tulang yang menyatu, sehingga ketika manusia dewasa jumlah tulang pada manusia akan menjadi 206 tulang.

Fungsi Sistem Rangka Manusia

Jika dibandingkan dengan organ tubuh lainnya, tulang memiliki komposisi yang jauh lebih kuat dan padat. Setiap tulang di dalam tubuh manusia memiliki peranan penting untuk menopang mekanisme tubuh agar dapat bekerja dengan baik. Berikut ini adalah beberapa fungsi sistem rangka manusia yang perlu Anda ketahui:

1. Menopang dan Memberi Bentuk Tubuh

Fungsi pertama dari sistem rangka adalah menpang dan mmeberi bentuk pada manusia. Rangka atau tulang akan memberikan bentuk pada tubuh, misalnya bentuk rahang dan juga tinggi badan. Selain itu, tulang juga menopang tubuh manusia agar mampu berdiri dengan tegak ataupun saat duduk.

2. Sebagai Alat Gerak

Selanjutnya, tulang juga memiliki peran sebagai alat gerak. Bersama dengan otot dan sendi, tulang akan mendukung pergerakan tubuh. Karena itulah manusia dapat beraktivitas, berjalan, makan, menulis, bekerja, dan melakukan berbagai aktivitas lainnya.

3. Melindungi Organ Vital

Peran penting dari rangka yang tidak bisa dilupakan adalah melindungi berbagai organ penting, mulai dari otak, paru-paru, serta jantung dan organ vital lainnya.

4. Memproduksi Sel Darah

Rangka atau tulang juga berfungsi dalam menghasilkan sel darah merah. Adalah sumsum tulang yang memiliki perran utama sebagai penghasil sel darah.

Selain itu, sumsum tulang juga membantu tubuh dalam menghancurkan sel-sel darah yang sudah tua. Sumsum tulang umumnya memiliki tekstur yang lunak, dan terdapat pada rongga di beberapa tulang tertentu.

5. Menyimpan Kalsium dan Fosfor

Tahkah Anda jika ada dua mineral penting yang tersimpan di dalam sistem rangka manusia? Kedua mineral penting tersebut adalah kalsium dan fosfor. Keduanya dibutuhkan sel agar dapat bekerja dan berfungsi dengan baik, utamanya adalah sel saraf dan otot.

Jika di dalam darah manusia memiliki kadar kalsium dan fosfor yang kurang dari jumlah yang dibutuhkan, maka hormon paratiroid akan menambahi kekurangan tersebut dengan cara mengambilnya dari tulang. Dengan kata lain, tulang bisa diibaratkan sebagai sebuah bank atau gudang penyimpanan bagi kalsium dan fosfor, dimana dapat diambil saat tubuh membutuhkannya. Ketika cadangan kedua mineral ini sudah menipis akibat terlalu seringnya diambil, maka tulang lama-kelamaan akan menjadi keropos sehingga berisiko mengalami patah tulang.

Itulah beberapa fungsi dari sistem rangka manusia yang perlu Anda ketahui. Agar semua itu dapat terjaga dan berfungsi dengan baik, maka Anda harus menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, misalnya dengan rajin berolah raga.

Selain itu, Anda juga perlu mencukupi tubuh dengan asupan mineral dan vitamin D. Mineral seperti kalsium sangat baik untuk untuk kesehatan tulang. Beberapa makanan sumber kalsium antara lain adalah sayuran hijau, susu, olahan kedelai, ikan dan lainnya. Sementara itu, untuk mendapatkan vitamin D yang cukup, Anda bisa berjemur beberapa menit di bawah paparan sinar matahari di pagi hari. Dan jika diperlukan, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin D.