Saturday , June 15 2024
Cara Memutihkan Gigi Kuning dengan Mudah yang Bisa Kamu Coba

Simak 4 Cara Memutihkan Gigi Kuning dengan Mudah yang Bisa Kamu Coba

Mungkin kamu pernah merasa malu saat tersenyum karena gigimu kuning. Jika kamu mengalami hal seperti itu, maka sebaiknya kamu segera mencari cara memutihkan gigi kuning.

Sebab, gigi yang berwarna kuning bisa membuatmu merasa kurang percaya diri. Namun demikian, kamu juga perlu mengetahui apa saja penyebab gigi yang menguning. Sehingga kamu juga bisa melakukan pencegahan sejak dini.

Penyebab Gigi Menjadi Kuning

Gigi kuning bisa disebabkan oleh berbagai hal, tapi yang paling umum adalah karena pemakaian rokok dan minuman yang mengandung kafein. Asap rokok mengandung zat yang menempel pada gigi dan menyebabkan warna gigi menjadi kuning.

Selain itu, minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, atau soda juga dapat menyebabkan gigi kuning jika dikonsumsi secara berlebihan. Apalagi jika kamu kurang memperhatikan kebersihan gigi dan mulut. Maka plak yang tidak dihilangkan dapat menyebabkan warna gigimu menjadi kuning.

Tidak hanya itu saja, makanan yang digoreng atau manis nyatanya juga dapat menyebabkan gigi kuning. Pasalnya, makanan yang digoreng mengandung minyak yang menempel pada gigi dan menyebabkan warna gigi menjadi kuning.

Sementara itu, makanan yang manis akan menyebabkan karies gigi dan menyebabkan gigi kuning.

Perlu kamu pahami, kurangnya rutin membersihkan gigi juga dapat menyebabkan gigi kuning. Plak yang tidak dihilangkan, lama-lama dapat menyebabkan gigimu kuning dan membuatnya lebih rentan terhadap karies.

Beberapa penyakit juga dapat menyebabkan gigi kuning, seperti penyakit hati dan diabetes. Penyakit hati akan menyebabkan perubahan warna gigi menjadi kuning keabu-abuan. Diabetes dapat menyebabkan kerusakan pada gigi dan menyebabkan gigi kuning.

Bahkan, faktor usia juga dapat menyebabkan gigi kuning. Semakin tua seseorang, semakin gelap warna gigi mereka. Hal ini disebabkan oleh lapisan yang menebal pada gigi yang disebut lapisan email.

Dalam beberapa kasus, penyebab gigi kuning juga bisa disebabkan oleh adanya reaksi alergi terhadap obat-obatan tertentu. Beberapa obat yang digunakan untuk mengobati penyakit tertentu dapat menyebabkan perubahan warna gigi.

Kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol, sejatinya juga bisa menyebabkan gigi kuning. Sebab, minum miras berpotensi menyebabkan kerusakan pada enamel gigi.

Beragam Cara Memutihkan Gigi Kuning

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu coba, untuk memutihkan gigimu yang kuning.

1. Gunakan Sikat Gigi yang Baik

Sikat gigi yang baik akan membantu membersihkan plak dan karang gigi, sehingga mencegah gigi kuning. Kamu bisa menggunakan sikat gigi elektrik yang lebih efektif dibandingkan dengan sikat gigi manual.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan sikat gigi dari Close Up, yakni Toothbrush Sikat Gigi Precision Ultra Soft. Di mana sikat gigi yang satu ini memiliki bulu yang super lembut. Sehingga mampu membersihkan setiap sela-sela gigimu.

2. Gunakan Pasta Gigi Whitening

Beberapa pasta gigi yang mengandung peroxide dapat membantu menghilangkan noda dan mencerahkan gigi. Namun, pastikan untuk tidak menggunakan terlalu sering atau dalam jangka waktu yang lama karena dapat merusak email gigimu.

Jika kamu bingung mencari pasta gigi yang tepat, maka kamu bisa memilih pasta gigi Close Up White Attraction Mineral Clay & Acai Berry. Pastikan kamu rutin menyikat gigi minimal dua kali dalam sehari.

3. Manfaatkan Bahan Alami

Ada beberapa bahan alami yang dapat kamu gunakan untuk memutihkan gigi kuning, seperti:

  • Menggosok gigi dengan campuran garam dan lemon setiap hari selama beberapa minggu.
  • Menggunakan sari daun sirih untuk menggosok gigi selama beberapa menit setiap hari.
  • Menggunakan sari buah strawberry yang dicampur dengan sedikit baking soda untuk menggosok gigi.

4. Menjaga Pola Makan yang Sehat

Konsumsi makanan yang kaya akan serat dan kalsium akan membantu menjaga gigi tetap sehat dan mencegah gigi kuning.

Perlu kamu ingat, bahwa memutihkan gigi tidak akan terjadi dalam satu malam. Semua itu perlu waktu dan kesabaran. Namun dengan melakukan perawatan yang benar dan teratur, maka kamu akan melihat hasilnya dalam waktu yang cukup singkat.

Selain itu, jangan lupa untuk selalu merawat gigi dengan baik dan rutin periksa ke dokter gigi untuk menjaga kesehatan mulut dan gigimu.