5 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Tiket Pesawat

Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Tiket Pesawat Online

Saat sobat memutuskan untuk traveling atau pun bepergian menggunakan pesawat terbang, tentu sobat harus mempersiapkan uang untuk membeli tiket pesawat yang kadang tidak murah. Sobat bisa membeli tiket pesawat secara online maupun offline dari berbagai agen travel penjualan tiket.

Untuk itu akan sangat disayangkan jika sobat tidak memperhatiakn berbagai hal yang bisa membuat harga tiket menjadi lebih mahal sehingga sobat harus mengeluarkan uang lebih banyak lagi. Tentu saja sobat tidak menginginkan hal semacam ini terjadi menimpa sobat.

Untuk itu ada beberapa hal yang sebaiknya sobat perhatikan dengan baik agar sobat bisa meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan ketika hendak membeli tiket pesawat, khususnya secara online melalui OTA (Online Travel Agent).

1. Adanya Bandara Alternatif

Ada beberapa wilayah yang memiliki lebih dari satu bandara. Sobat bisa saja membandingkan harganya dengan rute bandara yang berbeda untuk mendapatkan harga tiket pesawat yang lebih murah. Tidak menutup kemungkinan dengan rute penerbangan yang lebih jauh namun sobat bisa mendapatkan harga tiket pesawat yang lebih murah. Namun sobat juga harus memperhatikan jarak bandara dengan tujuan utama sobat. Hal ini guna meminimalisir adanya biaya tambahan untuk transportasi menuju ke destinasi tersebut.

2. Pilih Waktu yang Tepat untuk Membeli Tiket Pesawat

Berdasarkan data Airfarewatchdog, pada umumnya pihak maskapai penerbangan meluncurkan harga tiket pesawat di awal minggu. Dengan demikian akan menjadikan hari Selasa dan Rabu sebagai waktu terbaik untuk memesan tiket pesawat secara online. Ada baiknya sobat memesan tiket pesawat jauh hari sebelum tanggal keberangkatan. Disarankan 6 minggu sebelum keberangkatan, untuk penerbangan domestik. Karena jika sobat memesan di menit-menit akhir maka harga tiket pesawat akan melambung tinggi.

Baca Juga: Alasan Serunya Liburan ala Backpacker, Hemat Budget Hingga Momen Tak Terlupakan

3. Hunting Tiket Pesawat dengan Browser Incognito (Private Browser)

Beredar rumor jika sobat membeli tiket pesawat dari sebuah website yang mana sobat pernah berburu tiket di website tersebut, maka harga tiket akan menjadi lebih mahal. Memang hal ini tidak bisa dikatakan sebagai fakta karena belum ada penelitian secara resmi. Namun sobat tidak ada salahnya jika selalu menggunakan browser mode private (incognito) sehingga history dan jejak tracking sobat ketika berburu tiket pesawat tidak terlacak oleh website yang bersangkutan. Dengan demikian bisa saja sobat mendapatkan harga tiket pesawat termurah.

4. Hindari terbang di hari Jumat atau Minggu

Sebagaimana poin nomor 2, hari penerbangan pun ada baiknya jika sobat memilih hari Selasa atau Rabu. Karena hari Jumat dan Minggu biasanya ramai-ramainya orang bepergian menggunakan pesawat terbang. Sehingga hal ini bisa dimanfaatkan dengan menaikkan harga tiket pesawat.

5. Bandingkan Harga di Website yang Berbeda

Untuk mendapatkan harga tiket pesawat termurah, maka sobat bisa membandingkan harga tiket dari beberapa website OTA atau maskapai penerbangan yang berbeda.

Itulah sobat beberapa tips dalam membeli tiket pesawat agar sobat bisa mendapatkan harga yang murah. Karena diakui atau tidak, perjalanan menggunakan pesawat terbang merupakan salah satu moda transportasi yang efektif khususnya buat sobat yang akan mengadakan perjalanan jauh. Jika dengan transportasi darat atau air bisa memakan waktu tempuh sehari semalam, maka dengan memanfaatkan pesawat terbang waktu tempuh bisa dipangkas hingga menjadi 1 jam saja.