Friday , December 2 2022
Mengenang Jakarta Tempo Doeloe di Kawasan Wisata Kota Tua

Mengenang Jakarta Tempo Doeloe di Kawasan Wisata Kota Tua

Di balik hiruk pikuk kehidupan Kota Metropolitan Jakarta, ada sebuah kawasan seluas 1,3 km yang sangat layak untuk dikunjungi saat sedang berlibur di ibukota. Kawasan tersebut adalah Kota Tua Jakarta atau Batavia Lama, di tempat ini kamu bisa merasakan seolah sedang berada di Jakarta pada masa lampau.

Sesuai namanya, Kota Tua memang masih tampak otentik tanpa sentuhan modern yang sangat akrab dengan Jakarta masa kini. Kamu akan dimanjakan dengan jajaran gedung tua berarsitektur Hindia Belanda yang masih terlihat megah, seolah tidak pernah lekang oleh perkembangan zaman.

3+ Aktivitas Seru yang Wajib Dilakukan Saat Berkunjung ke Kota Tua Jakarta

Kota Tua Jakarta memang sangat identik dengan nilai-nilai historis yang menjadi daya tariknya. Namun, kamu tentu tidak berkunjung hanya untuk sekedar menelusuri jejak sejarah di masa lalu, bukan?

Agar kunjungan ke Batavia Lama lebih berkesan, maka kamu bisa melakukan beberapa kegiatan seru berikut ini:

1. Memberi Makan Burung

Pada waktu-waktu tertentu, akan banyak burung dara terbang dan bermain di Taman Fatahillah. Momen ini bisa kamu manfaatkan untuk memberi makan burung maupun hunting foto keren.

2. Naik Sepeda Onthel

Di halaman Museum Fatahillah terdapat sebuah tempat penyewaan sepeda onthel dengan warna-warna unik lengkap dengan aksesoris, seperti topi jaman dahulu. Kamu bisa sewa sepeda dan berkeliling komplek sepuasnya hanya dengan merogoh kocek Rp20.000 saja.

3. Berfoto dengan Manusia Patung

Di jalanan Kota Tua, kamu dapat menemukan banyak manusia patung dengan beragam karakter yang bisa diajak foto bersama. Beberapa karakter yang ada di kawasan ini adalah, sosok pahlawan, seperti Jendral Sudirman, W.R Supratman, R.A Kartini, prajurit perang, hingga noni Belanda.

4. Menjelajahi Museum

Jika berkunjung ke Kota Tua Jakarta pada rentang pukul 08.00 WIB – 17.00 WIB, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi beberapa museum yang ada di kawasan ini. Beberapa museum yang menarik untuk dikunjungi diantaranya adalah, Museum Wayang dan Museum Fatahillah.

Berencana Liburan ke Jakarta? Naik Kereta Api Bisa Menjadi Solusinya!

Menghabiskan waktu liburan ke Jakarta memang terdengar menyenangkan. Selain menjelajahi berbagai tempat wisata kekinian, kamu juga dapat merasakan nuansa Jakarta di masa lalu dengan menyambangi Kota Tua.

Setelah selesai membuat daftar kawasan wisata yang akan dikunjungi. Sekarang saatnya kamu memikirkan transportasi aman dan nyaman untuk menuju Jakarta.

Jika berencana liburan dengan naik transportasi umum, maka direkomendasikan untuk memilih kereta api. Apalagi, mengingat harga tiket kereta KAI relatif terjangkau. Selain itu, kamu juga bisa beristirahat penuh sepanjang perjalanan.

Apabila kamu berdomisili di Semarang, kamu bisa langsung mengecek ketersediaan tiket kereta api Semarang Jakarta melalui aplikasi online Pegipegi. Aplikasi super praktis dan handy ini memungkinkan kamu untuk memesan tiket kereta api yang diinginkan dengan penawaran harga terbaik.

Referensi:

  • https://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Tua_Jakarta
  • https://travel.kompas.com/read/2019/11/10/170000427/7-kegiatan-seru-di-kota-tua-jakarta-liburan-murah-meriah?page=all