Saturday , June 15 2024
Beragam Peluang Kerja Perhotelan di Bali yang Perlu Anda Ketahui

Beragam Peluang Kerja Perhotelan di Bali yang Perlu Anda Ketahui

Bali merupakan salah satu tujuan pariwisata yang paling populer di Indonesia. Tak hanya menawarkan keindahan alamnya yang memukau, Bali juga memiliki industri perhotelan yang berkembang pesat.

Hal ini membuat peluang kerja hotel di Bali semakin terbuka lebar. Maka tidak mengherankan, jika banyak orang yang pergi ke Pulau Dewata ini, untuk mengadu nasib atau mencari pekerjaan di bidang perhotelan.

Industri Perhotelan di Bali

Industri perhotelan di Bali berkembang sangat pesat, karena Bali menjadi salah satu destinasi wisata terpopuler di Indonesia. Pariwisata menjadi sumber utama pendapatan Bali, sehingga industri perhotelan menjadi sangat penting dalam meningkatkan perekonomian Bali.

Seiring dengan meningkatnya jumlah wisatawan yang datang ke Bali setiap tahunnya, industri perhotelan di Bali pun juga semakin berkembang.

Jenis-jenis Pekerjaan Perhotelan di Bali

Ada berbagai jenis pekerjaan yang tersedia di hotel di Bali, mulai dari pekerjaan di lini depan hingga pekerjaan di belakang layar. Beberapa jenis pekerjaan di hotel di Pulau Seribu Pura ini antara lain:

  • Front office staff, yang terdiri dari resepsionis, petugas reservasi, dan petugas layanan tamu. Tugas utama front office staff adalah melayani tamu yang datang dan memproses reservasi tamu.
  • Housekeeping staff, yang terdiri dari housekeeping supervisor, housekeeping attendant, dan laundry attendant. Tugas utama housekeeping staff adalah membersihkan kamar dan area umum hotel serta mencuci pakaian tamu.
  • Food and beverage staff, yang terdiri dari chef, bartender, waiter/waitress, dan steward. Tugas utama food and beverage staff adalah menyajikan makanan dan minuman kepada tamu.
  • Sales and marketing staff, yang terdiri dari sales executive dan marketing executive. Tugas utama sales and marketing staff adalah mempromosikan hotel dan menarik tamu baru.
  • Engineering staff, yang terdiri dari chief engineer, maintenance staff, dan gardener. Tugas utama engineering staff adalah memelihara gedung dan fasilitas hotel.

Kualifikasi dan Persyaratan Kerja Perhotelan di Bali

Setiap posisi di hotel di Bali memiliki persyaratan dan kualifikasi yang berbeda-beda. Namun, beberapa persyaratan umum yang diperlukan untuk bekerja di hotel di Bali, antara lain:

  • Usia minimal 18 tahun
  • Lulusan SMA/SMK/D3/S1
  • Berbahasa Inggris dengan baik
  • Memiliki kemampuan interpersonal yang baik
  • Bersedia bekerja dalam shift dan hari libur
  • Tidak memiliki catatan kriminal

Gaji dan Tunjangan Kerja Perhotelan di Bali

Gaji dan tunjangan kerja di hotel di Bali sangat bervariasi, tergantung pada posisi dan pengalaman kerja. Sebagai contoh, gaji untuk resepsionis di Bali biasanya sekitar Rp 3 – 4 juta per bulan, sementara gaji untuk chef bisa mencapai Rp 8 – 10 juta per bulan. Angka tersebut tentunya bukan lah angka pasti, karena ada banyak faktor yang menentukannya.

Selain gaji, hotel di Bali juga memberikan tunjangan seperti tunjangan kesehatan, tunjangan makan, dan tunjangan transportasi.

Cara Mencari Pekerjaan Perhotelan Di Bali

Untuk mencari pekerjaan di hotel di Bali, Anda dapat melakukannya dengan beberapa cara, antara lain:

  • Melamar langsung ke hotel. Anda dapat mencari informasi tentang lowongan pekerjaan di hotel melalui website resmi hotel atau datang langsung ke hotel yang Anda minati untuk menanyakan tentang lowongan pekerjaan.
  • Mengirimkan lamaran melalui email. Banyak hotel di Bali yang menerima lamaran pekerjaan melalui email. Pastikan Anda mengirimkan lamaran ke alamat email yang benar dan memperhatikan detail yang diminta dalam iklan lowongan pekerjaan.
  • Mendaftar melalui situs lowongan kerja online. Terdapat banyak situs lowongan kerja online yang menyediakan informasi tentang lowongan pekerjaan di hotel di Bali. Salah satunya adalah website HHRMA Bali.

Bekerja di hotel di Bali bisa sangat menantang, terutama karena tingginya persaingan di industri perhotelan dan tantangan dalam melayani tamu yang datang dari berbagai negara dengan budaya yang berbeda-beda.

Selain itu, bekerja di hotel juga memerlukan kemampuan yang baik dalam mengelola stres dan bekerja dalam situasi yang serba cepat dan dinamis.

Jika Anda berminat untuk bekerja di hotel di Bali, pastikan Anda mencari informasi tentang lowongan pekerjaan dengan teliti dan mempersiapkan diri dengan baik. Dalam hal ini, Anda bisa mencari lowongan kerja perhotelan di Bali melalui website Trend Indonesia.