Friday , August 19 2022
Inilah Fungsi Chiller pada Dunia Industri yang Perlu Diketahui

Inilah Fungsi Chiller pada Dunia Industri yang Perlu Diketahui

Dewasa ini, sudah banyak industri dan gedung-gedung besar yang menggunakan mesin chiller untuk mendinginkan beragam peralatan dan komponen, dengan cara memanfaatkan mekanisme perpindahan panas. Hal ini bertujuan untuk menjaga suhu, agar peralatan dan komponen tersebut tidak mudah rusak akibat overheat.

Adapun pada sistem chiller ini sendiri, terdapat bagian bagian chiller yang saling berhubungan, mulai dari Chiller, Chilled Water Pump (CHWP), Condenser Water Pump (CWP), Make Up Water Tank, Cooling Tower, Air Handling Unit (AHU), hingga Fan Coil Unit FCU.

Umumnya, chiller digunakan secara luas pada dunia industri dan bisnis, termasuk pabrik, mall, hotel, gedung perkantoran yang besar, hingga rumah sakit dan lainnya.

Beragam Fungsi Chiller di Dunia Industri

Beragam Fungsi Chiller di Dunia Industri

Berikut ini merupakan beberapa fungsi chiller pada ranah idustri, antara lain:

1. Mencegah Kerusakan Peralatan dan Komponen

Fungsi chiller yang pada dunia industri yang pertama adalah mencegah kerusakan komponen dan peralatan. Hal ini sejalan dengan kemampuan mesin chiller guna mengalirkan atau memindahkan energi panas, dari suatu tempat ke tempat lain.

Dalam praktiknya, mesin chiller akan sangat berguna untuk menurunkan suhu atau temperatur peralatan agar tidak overheat, sehingga peralatan dan komponen yang ada pada pabrik misalnya, tidak cepat mengalami kerusakan akibat suhu yang sangat tinggi (ekstrim).

Panas tersebut sejatinya tidak hilang, namun dipindahkan ke tempat yang lebih aman. Pasalnya, berdasarkan hukum Termodinamika, energi tidak dapat diciptakan dan dihilangkan, namun hanya bisa berubah bentuk. Hal ini pun juga berlaku untuk energi panas.

2. Menunjang Kenyamanan dan Keselamatan Pekerja

Tidak hanya menghindarkan komponen dan peralatan dari kerusakan akibat suhu panas yang sangat ekstrim saja, nyatanya mesin chiller juga akan membuat para pekerja merasa lebih aman dan nyaman.

Semakin lama digunakan, mesin-mesin yang ada di pabrik ataupun gedung-gedung besar akan mengalami kenaikan suhu yang sangat tinggi sehingga berpotensi membahayakan para pekerja dan orang-orag di sekitarnya.

Di sinilah peranan mesin pendingin seperti chiller yang memastikan suhu mesin-mesin tersebut tetap terkendali. Sehingga tidak akan membahayakan pekerja dan aktivitas dapat berjalan dengan lancar.

3. Mendukung Usaha Produksi Makanan

Bagi Anda para pelau industri makanan, tentu sangat menyadari btapa pentingnya suhu ruangan yang tetap terjaga. Sebut saja pada produksi makanan tertentu yang melibatkan proses fermentasi di dalamnya. Dengan adanya mesin chiller, maka usaha produksi makanan tersebut dapat berjalan dengan lancar.

Selain itu, beragam jenis produksi makanan tertentu juga harus disimpan dalam kondisi temperatur atau suhu ideal agar dapat terjaga kualitasnya. Tentu saja hal semacam ini dapat diwujudkan dengan menggunakan mesin chiller untuk mengontrol suhu ruangan.

4. Mendukung Manufaktur Produk Plastik

Penggunaan chillet juga kerap kali ditemui pada industri produk plastik. Bukan rahasia lagi, jika plastik merupakan salah satu bahan yang sangat sensitif terhadap kenaikan suhu. Terlalu tingginya temperatur dapat membuat kerusakan pada plastik.

Maka tidak mengherankan jika pada industri pembuatan produk plastik melengkapi pabriknya dengan mesin chiller untuk mengontrol suhu agar tidak merusak hasil produk plastik yang dibuatnya.

Itulah beberapa fungsi dan kegunaan mesin chiller yang biasa diterapkan pada dunia industri. Sebenarnya masih banyak lagi fungsi chiller yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari.

Dewasa ini sudah ada beragam jenis dan brand chiller yang beredar luas di pasaran. Salah satunya adalah chiller dari AQUA Japan. Adapun AQUA Japan ini sendiri telah menghadirkan berbagi jenis chiller dengan teknologi yang sangat canggih.

Selain itu, chiller dari AQUA Japan juga hemat energi dengan berpendingin air dan udara. Lebih dari itu, chiller AQUA Japan sudah menerapkan teknologi kompresor inverter tanpa gesekan oli, sehingga menyebabkan getaran yang dihasilkan sangat sedikit serta tidak menimbulkan kebisingan. Untuk informasi selengkapnya terkait chiller AQUA Japan ini, Anda bisa mengunjungi website aquajapanid.com.