8 Khasiat dan Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan

Khasiat Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan

Binahong atau piahong (Anredera cordifolia) yang dalam bahasa inggris dikenal dengan sebutan Heartleaf maderavine madevine, merupakan tanaman obat herbal yang dikenal memiliki khasiat dan manfaat untuk kesehatan, utamanaya adalah mampu menyembuhkan berbagai keluhan kesehatan, berbagai jenis penyakit dan gangguan kesehatan. Maka sobat tidak perlu heran jika banyak orang yang mencoba mendapatkan kesembuhan dengan wasilah mengkonsumsi daun tanaman ini.

Tahukah sobat jika tanaman binahong itu sendiri biasanya tumbuh secara menjalar di kawasan dataran rendah dan dataran tinggi. Binahong memiliki batang yang lunak dengan daun tunggal serta memiliki bunga majemuk.

Sudah sejak dahulu kala, daun binahong dikenal memiliki segudang manfaat dan khasiat kaitannya dengan kesehatan dan penyembuhan berbagai macam penyakit, baik penyakit berat maupun ringan.

Khasiat dan Manfaat Daun Binahong

Nah sobat, berikut ini adalah beberapa manfaat dan khasiat daun binahong untuk kesehatan.

1. Baik untuk Kesehatan Jantung

Siapa sangka ternyata daun binahong sangat baik untuk kesehatan jantung, khususnya untuk mencegah penyakit kardiovaskular. Daun binahong mengandung saponin yang khasiatnya mampu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh sobat. Jika ingin mencobanya, sobat tinggal menyeduh daun binahong seperti membuat teh. Jangan lupa tambahkan madu agar rasanya lebih manis. Sobat bisa mengkonsumsinya sehari dua kali.

2. Mencegah Diabetes

Daun binahong bisa dijadikan sebagai obat herbal alternatif untuk mencegah penyakit diabetes. Pasalnya, daun tanaman ini memiliki kandungan berupa senyawa alkaloid yang bersifat hipoglikemik. Dengan mengonsumsi air rebusan daun binahong secara rutin akan dapat membantu menurunkan kadar gula darah serta menjaganya tetap stabil pada penderita diabetes mellitus.

Baca Juga: Pengobatan Diabetes dapat Mencegah Demensia pada Penderita Alzheimer

3. Mengobati Luka Bakar

Penelitian telah membuktikan bahwa mengoleskan salep dengan kandungan 5% ekstrak daun binahong ke area luka bakar, ternyata memberikan efek lebih cepat dalam menyembuhkan luka bakar jika dibandingkan dengan pengobatan tanpa daun binahong.

4. Mengobati Maag

Dengan mengonsumsi air rebusan binahong, maka keluhan maag bisa disembuhkan. Bahkan termasuk gangguan kesehatan berupa penyakit penyakit disentri. Air rebusan daun binahong mampu membantu dalam mengendalikan kadar asam lambung agar tetap stabil.

5. Mencegah Kanker

Khasiat daun binahong selanjutnya adalah membantu mencegah kanker. Pasalnya daun binahong kaya akan antioksidan pigmen karotenoid esensial, seperti betakaroten, zeaxanthin, dan lutein yang sangat efektif dalam mencegah terjadinya kanker.

Lihat Juga: Cara Menurunkan Berat Badan dengan Diet Air Putih

6. Memelihara Kesehatan Mata

Batang dan daun binahong kaya akan vitamin A yang sangat bagus dalam menjaga kesehatan mata. Dengan meminum air rebusan daun binahong secara rutin maka sobat bisa terhindar dari berbagai penyakit mata, misalnya rabun jauh.

7. Memulihkan Stamina

Secara rutin mengonsumsi air rebusan daun binahong ternyata mampu mengembalikan stamina tubuh dari efek kelelahan. Bahkan daun binahong juga diyakini dapat meningkatkan vitalitas pria.

8. Mengobati Asam Urat

Asam urat dapat dipicu karena adanya purin dalam tubuh dalam jumlah besar. Misalnya ketika sobat mengonsumsi jeroan, daging merah, atau kacang-kacangan dalam jumlah yang berlebihan. Dengan meminum air rebusan daun binahong secara rutin maka kadar purin dalam tubuh sobat bisa menjadi turun dan berkurang.
Itulah sobat beberapa manfaat dan khasiat mengonsumsi air rebusan daun binahong untuk kesehatan.