Sunday , September 25 2022
Ketahui Berbagai Cara Mengusir Kutu Beras secara Alami

Ketahui Berbagai Cara Mengusir Kutu Beras secara Alami

Beras yang disimpan dalam waktu yang cukup lama biasanya akan berkutu. Sebenarnya kutu beras tidak hanya menyerang beras lama. Kutu beras bisa saja terbawa dari tanaman padi. Telur kumbang beras ini dapat bertahan dalam waktu yang lama. Jika suhu dan kelembabannya stabil maka telur ini akan menetas dan menjadi kutu beras.

Selain itu kutu beras juga bisa masuk melalui celah tempat beras yang kurang rapat. Sebaiknya pilihlah tempa penyimpanan beras yang benar-benar kering dan rapat agar terhindar dari kutu beras. Untuk mengatasinya Anda tidak perlu khawatir, karena terdapat berbagai cara mengusir kutu beras secara alami yang bisa Anda coba.

Cara Menghilangkan Kutu Beras secara Alami

Cara Menghilangkan Kutu Beras secara Alami

Jangan terburu-buru membuang beras berkutu. Anda bisa menggunakan beberapa cara berikut agar beras tetap dapat bisa dimakan:

1. Menjemur Beras

Cara yang pertama adalah cara yang paling mudah dan juga paing umum dilakukan. Yaitu dengan menjemur beras dibawah matahari langsung selama beberapa jam. Pada dasarnya kutu beras merupakan hewan yang menyukai suhu dingin dan juga lembab. Jika terkena panas matahari secara langsung mereka akan menghindar dan bersembunyi.

Agar beras benar-benar bebas kutu, sebaiknya Anda meletakkan beras di wadah terbuka dan cukup lebar. Kemudian ratakan beras pada wadah setipis mungkin aga tidak terdapat celah bersembunyi bagi kutu beras. Jemurlah beberapa jam sampai beras terasa hangat.

2. Menutup Beras dengan Kain Basah

Kutu beras menyukai tempat yang lembab dan basah. Jika Anda menutup tempat penyimpanan beras Anda dengan kain basah, kemudian Anda diamkan selama 30 menit. Anda akan menemukan kutu beras tersebut menempel pada kain.

Kutu beras akan merangkak keluar beras dan berpindah pada tempat yang lebih dingin. Namun karena kainnya basah maka mereka akan terjebak dan berdiam disana.

3. Menggunakan Kotak Korek Api

Cara yag ketiga adalah dengan menggunakan kotak korek api. Letakkan kotak korek api disekitar beras, maka kutu beras akan pergi. Hal ini dikarenakan, bagian kotak korek api mengandung belerang yang aromanya tidak disukai kutu beras.

4. Menggunakan Daun Jeruk Nipis atau Daun Salam

Cara mengusir kutu beras yang keempat adalah dengan memanfaatkan daun jeruk nipis. Daun jeruk nipis memiliki aroma tajam yang tidak disukai oleh kutu beras. Cukup dengan meletakkan beberapa lembar daun jeruk nipis atau pun daun salam kering ke dalam tempat penyimpanan beras Anda, maka kutu beras akan pergi dengan sendirinya.

5. Meletakkan Kayu Manis Dalam Tempat Beras

Pada dasarnya kutu beras tidak menyukai aroma tajam. Cara lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan meletakkan kulit kayu manis dalam tempat penyimpanan beras Anda. Kulit kayu manis ini akan mengusir kutu keluar dan mencegah agar kutu tidak masuk kembali ke dalam tempat penyimpanan beras Anda. Kayu manis memiliki aroma khas yang mampu membantu menghilangkan kutu beras. Anda cukup mengambil beberapa kulit kayu manis dan masukkan ke dalam tempat penyimpanan beras. Biarkan beberapa jam hingga kutu keluar dari tempat beras.

6. Meletakkan Potongan Bawang Putih di Sekitar Penyimpanan Beras

Denan aromanya yang tajam dan menyengat bawang putih sudah pasti tidak disukai oleh kutu beras. Anda bisa meletakkan potongan bawang putih segar di sekitar tempat penyimpanan beras Anda. Selain mengusir dan mencegah datangnya kutu beras. Potongan bawang putih ini juga Ampuh untuk mengusir laba-laba, lipan dan kaki seribu.

Itulah beberapa cara alami dan mudah untuk mengusir kutu beras yang bisa Anda lakukan. Selamat mencoba dan semoga berhasil.