Pernahkah Sobat Bersendawa saat Berolahraga? Berikut Ini Penyebab dan Penjelasannya


Penyebab Bersendawa Ketika Olahraga

Penjelasan mengapa sobat bersendawa ketika sedang melakukan olahraga. Sobat barangkali pernah berolahraga, baik itu saat pagi hari, siang hari maupun di malam hari, dengan tujuan untuk mendukung kesehatan tubuh sobat. Namun pernahkah sobat tiba-tiba mengalami sendawa di saat berolahraga, misalnya ketika tengah berlari?

Atau barangkali ketika sobat sedang melakukan streching, peregangan maupun saat sedang pemanasan sebelum olahraga inti. Mungkin sobat bertanya-tanya mengapa hal semacam itu bisa terjadi di saat berolahraga.

Jangan Lewatkan: Gaya Hidup Sehat, Cara Menurunkan Berat Badan dengan Diet Air Putih

Rupanya seseorang bisa saja mengalami sendawa biasanya karena tubuh orang tersebut secara berlebihan melepaskan udara yang terdapat pada sistem pencernaan. Hanya saja sendawa itu sendiri bisa saja timbul dengan bentuk yang berbeda. Dalam berbagai kasus, sendawa bahkan dapat terjadi tanpa menimbulkan suara. Sementara itu banyak juga yang bersendawa dengan mengeluarkan bunyi yang cukup keras sehingga bisa mengganggu orang lain atau merasa tidak nyaman.

Nah sobat, di saat sobat melakukan aktivitas olahraga, di dalam tubuh sobat akan terjadi banyak aliran darah. Perlu sobat ketahui bahwa darah tersebut mayoritas akan mengalir melalui bermacam-macam organ tubuh, termasuk pada saluran pencernaan misalnya perut, serta organ dalam lainnya yang berkaitan dengan sistem pencernaan.

Simak Juga: Cara Mengencangkan Kulit Wajah dengan Masker Lumpur

Suatu ketika bila mana terjadinya aliran darah tersebut dapat memicu timbulnya gangguan pada saat terjadinya proses pencernaan. Akibatnya hal tersebut dapat menyebabkan timbulnya keadaan hampa udara yang kemudian berpotensi memicu terjadinya sendawa pada saat olahraga.

Jika sobat memakan makanan berat sesaat sebelum berolahraga, maka sobat akan semakin berisiko melakukan sendawa ketika sedang berolahraga. Maka dari itu ada baiknya jika sobat menentukan waktu yang tepat kapan harus mengkonsumsi makanan berat, misalnya 1-2 jam sebelum olahraga.

Baca Juga: Cara Alami Mengobati Jerawat di Wajah dengan Ampuh dan Praktis

Adapun beberapa jenis makanan dan minuman juga disebut-sebut sebagai pemicu sendawa, mulai dari sayuran berserat, polong-polongan, gandum, serta aneka macam minuman yang mengandung soda.

Selain itu, kondisi tubuh yang kurang cairan atau dehidrasi kuat dugaan juga dapat memicu terjadinya perlambatan proses pencernaan tubuh sehingga dapat pula memicu terjadinya sendawa terutama di saat soabt sedang berolahraga.