4 Manfaat Minum Susu Sebelum Tidur di Malam Hari yang Perlu Anda Ketahui

Manfaat Minum Susu Sebelum Tidur di Malam Hari yang Perlu Anda Ketahui

Bagi masyarakat Indonesia, minum susu merupakan kebiasaan yang sudah jamak dilakukan oleh banyak orang. Meskipun tidak semua orang sudah mengenal manfaat minum susu, namun umumnya mereka yakin bahwa minum susu adalah sesuatu yang baik untuk kesehatan tubuh.

Kandungan Gizi dalam Segelas Susu

Perlu Anda ketahui, di dalam susu terkandung gizi atau nutrisi penting yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Sebut saja kandungan proteinnya yang diperkaya dengan 9 asam amino, ditambah lagi dengan aneka mineral yang dibutuhkan untuk mendukung kesehatan tubuh, mulai dari kalsium, kalium, fosfor dan yodium.

Selain itu, susu juga mengandung berbagai vitamin, sebut saja vitamin A, vitamin B2, vitamin B12, dan juga vitamin D yang dapat memberikan manfaat untuk kesehatan mata, kulit, daya tahan dan kekebulan tubuh, serta tulang dan juga gigi.

Lebih dari itu, ternyata di dalam susu juga terkandung beragam enzim yang berperan membantu tubuh di dalam proses metabolisme glukosa dan lemak.

Biasanya, minum susu dilakukan di pagi hari saat sarapan dengan alasan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan energi untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Namun, bagaimana dengan minum susu di malam hari menjeang tidur? Apakah Anda sudah tahu manfaat minum susu sebelum tidur malam?

Manfaat Minum Susu Sebelum Tidur

Berikut ini adalah beberapa manfaat minum susu di malam hari sebelum tidur yang mungkin belum Anda ketahui.

1. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Manfaat minum susu sebelum tidur yang pertama adalah dapat membuat tidur Anda lebih nyenyak. Pasalnya, di dalam susu terkandung zat yang bernama melatonin dan triptofan. Biasanya, hormon melatonin ini akan dilepaskan oleh otak guna mengatur siklus tidur.

Sedangkan triptofan merupakan salah satu jenis asam amino yang memiliki fungsi membantu pelepasan zat kimia otak lainnya, yakni serotonin. Adapun serotonin itu sendiri berguna dalam mengatur mood, membantu dalam hal meningkatkan relaksasi tubuh, serta mendukung produksi hormon melatonin yang terjadi di dalam siklus tidur Anda.

2. Menjaga Kesehatan Tulang & Otot

Manfaat yang kedua dari minum susu di malam hari sebelum tidur adalah turut menjaga kesehatan otot dan tulang. Perlu Anda pahami, waktu tidur di malam hari adalah saatnya tubuh untuk memproses zat gizi dari makanan secara optimal. Ketika proses ini bterjadi, maka tubuh Anda juga akan mengalami perbaikan di beberapa jaringan, misalnya pada bagian otot dan tulang.

Jika Anda minum susu sebelum tidur malam, maka kandungan di dalam susu tersebut akan turut menjaga kesehatan serta perbaikan jaringan tulang dan otot. Pasalnya, di dalam susu terkandung banyak protein, vitamin D, dan juga mineral berupa kalsium. Di mana ketiganya merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk memperbaiki jaringan yang rusak karena beraktivitas seharian.

3. Mengurangi Kebiasaan Makan & Ngemil Tengah Malam

Manfaat minum susu sebelum yidur yang berikutnya adalah akan membantu Anda dalam mengurangi kebiasaan makan dan ngemil di tengah malam. Banyak orang yang memiliki kebiasaan terbangun di malam hari akibat rasa lapar yang dialaminya. Mungkin termasuk anda salah satunya.

Hal ini sejatinya merupakan sesuatu yang wajar dan normal. Pasalnya, selama tidur tubuh Anda tidak mendapatkan asupan energi yang cukup. Dengan minum susu di malam hari sebelum tidur, maka kebiasaan Anda terbangun dari tidur kemudian makan atau ngemil di tengah malam bisa berkurang bahkan terhenti.

Hal itu disebabkan karena di dalam susu terkandung karbohidrat yang merupakan sumber energi utuk tubuh Anda. Selain itu, adanya lemak di dalam susu bisa menjadi cadangan energi. Sementara itu, susu juga kaya akan protein sehingga akan mebuat anda merasa kenyang di malam hari.

4. Membuat Tubuh Tetap Berenergi di Pagi Hari

Manfaat selanjutnya dari minum susu sebelum tidur adalah dapat membuat tubuh Anda cukup berenergi hingga bangun tidur keesokan harinya. Hal ini disebabkan karena kandungan nutrisi susu yang diserap oleh tubuh Anda pada malam hari akan tersimpan dan siap digunakan ketika Anda bangun di pagi hari. Anda pun bisa segera beraktivitas karena masih memiliki cukup energi dan nutrisi.