10 Ide Bisnis Mantul dengan Modal Kecil yang Cocok untuk Mahasiswa Kreatif

Ide Bisnis Kreatif Modal Kecil untuk Mahasiswa

10 Ide Bisnis Mantul dengan Modal Kecil yang Cocok untuk Mahasiswa Kreatif. Aneka peluang bisnis yang bisa dijalankan oleh mahasiswa, karena tidak membutuhkan modal besar, yang penting kreatif dan mau berusaha dengan gigih.

Jika sebelumnya telah kami sajikan untuk sobat artikel tentang kuliner, yakni resep mangut lele yang mantab jiwa, maka tak ada salahnya jika kali ini akan kami coba hadirkan informasi mengenai ide bisnis dengan modal kecil yang cocok untuk mahasiswa di blog CAFESENI.COM.

Sebagai mahasiswa selain harus kreatif juga dituntut untuk bisa mandiri. Tak selalu menggantungkan pada harta dan kemampuan orang tua. Bahkan menjadi suatu kebangaan tersendiri jika sobat bisa membiayai kebutuhan selama menjalani pendidikan perkuliahan dengan uang hasil jerih payah sendiri.

SIMAK JUGA: JUDUL FILM BISOKOP CINEMA XXI

Maka tak berlebihan jika kali ini kami akan memberikan beberapa peluang atau ide bisnis yang bisa dikerjakan oleh mahasiswa. Jadi di sela-sela kesibukan kuliah pastinya banyak waktu luang. Nah, tidak ada salahnya jika dimanfaatkan untuk menjalankan usaha bisnis agar bisa mendapatkan uang tambahan untuk mencukupi kebutuhan kuliah.

Langsung saja ya sobat. Berikut ini adalah beberapa contoh ide bisnis dengan modal minim yang sangat pas buat sobat para mahasiswa atau mahasiswi.

1. Menjual barang secara online

Peluang bisnis online salah satunya adalah dengan membangun toko online. Sobat bisa menjual berbagai macam barang, seperti baju, sepatu, makanan, aksesoris, pernak-pernik, dan masih banyak lainnya.

2. Berbisnis pulsa elektrik

Banyak mahasiswa yang memilih bisnis atau jualan pulsa elektrik. Karena selain modal yang dibutuhkan memang tidak terlalu besar, sobat sendiri juga selalu butuh pulsa atau pun paket data. Walau bisnis dengan modal kecil, namun keuntungannya lumayan apabila dikelola dengan baik dan tekun. Apalagi jikalau sudah punya pelanggan tetap yang bejibun.

3. Berjualan makanan kecil

Bisnis makanan kecil juga tepat dilakukan karena banyak mahasiswa yang suka dengan camilan atau makanan kecil. Misalnya saja, ketika mengerjakan tugas kuliah sambil ngemil, hehehe.. Makanan kecil juga dibutuhkan untuk mengganjal perut yang lapar pada saat sedang kuliah. Sobat bisa berjualan makanan kecil di kampus terlebih dahulu. Menjajaki pasar dimulai dari teman-teman sekampus tentu tidak ada jeleknya.

4. Menjual kemampuan diri di internet

Sobat memiliki keahlian khusus yang menjual? Atau bahasa kerennya adalah soft skill yang dibutuhkan banyak orang. Misalnya saja kemampuan mendesain, programming, bikin website, menulis, mengedit video, menerjemahkan bahasa, marketing, data entry, dan masih banyak lainnya. Di era yang serba canggih seperti sekarang ini, sobat bisa mempromosikan keahlian melalui internet. Mulai dari sekarang coba branding diri Sobat di internet, bisa melalui media sosial, facebook, instagram atau pun personal blog dengan menampilkan portfolio karya sobat.

5. Membuka jasa les privat

Jika sobat memiliki kemampuan akademis yang mumpuni, maka sobat bisa menjalankan bisnis jasa les privat. Jika sobat merasa percaya diri dengan kemampuan akademis yang dimiliki, Sobat bisa membuka jasa les privat di rumah untuk anak sekolah SD, SMP atau SMA. Tapi tentu saja disesuaian dengan kemampuan sobat. Kalau kurang pede, ya sobat bisa mencoba dengan les privat khusus anak SD dahulu. Lumayanlah tarifnya bisa sobat sesuaikan. Bahkan, jika sobat bisa menambah tarif untuk transportasi bila sobat ke rumah murid les privat yang lumayan juah.

6. Menjual makanan berat

Ide bisnis ini cocok buat sobat mahasiswa yang memiliki kegemaran masak, tidak ada salahnya untuk menjual makanan. Atau mungkin bisa mengajak teman sobat yang pinter memasak, sobat yang membantu memasarkan. Semua orang butuh makan kan? Nah, tentu peluang bisnisnya akan semakin terbuka lebar. Sobat perlu menciptakan menu makanan yang menarik dan unik agar bisa menarik banyak pelanggan. Dan tentu saja harganya disesuaikan dengan kantong mahasiswa atau masyarakat setempat.

7. Menawarkan jasa event organizer

Sobat bisa menawarkan jasa event organizer (EO) untuk beberapa acara sederhana terlebih dahulu. Katakanlah seminar, acara kantor, rapat BEM, dan sebagainya yang sekiranya bisa sobat tangani. Dan kemungkinan besar Sobat akan membutuhkan beberapa orang untuk menjadi tim jasa EO tersebut. Gak perlu bingung, sobat tinggal rekrut orang lain yang bisa dipercaya menjadi partner bekerja untuk menangani sebuah acara. Mulailah dari teman yang sobat kenal sehingga komunikasi dan koordinasi lebih mudah.

8. Menjual barang bekas

Jangan terburu-buru membuang barang bekas yang sobat miliki namun sekiranya tidak terpakai. Bisa saja barang bekas tersebut dibutuhan orang lain dan bisa menjadi inspirasi bisnis. Mulailah menawarkannya kepada teman sekampus yang membutuhkan dan berniat membeli.

9. Profesi blogger

Tahukah sobat jika kini sudah banyak blogger yang menghasilkan rupiah bahkan dollar hanya dari bekerja dengan laptop? Caranya adalah dengan memposting artikel bermanfaat untuk banyak orang. Coba pilih beberapa topik yang sekiranya Sobat minati, seperti food, traveling, lifestyle, otomotif, fashion, beauty, dan masih banyak lainnya. Artikel yang dicari banyak orang adalah sumber trafik yang bisa dikonversi menjadi pundi-pundi rupiah, misalnya melalui jaringan periklanan.

10. Mengikuti program afiliasi

Afiliasi adalah cara menghasilkan uang dengan menjual produk dari perusahaan atau lembaga pemilik produk (affiliate merchant), dengan bergabung menjadi pemasar produk (affiliate marketers), dan hanya dibayar setelah produk terjual. Atau dengan kata lain, sobat akan mendapatan persenan atau komisi ketika berhasil menjual produk mereka.

Hmm., bagaimana, menarik bukan? Demikianlah sajian kami untuk ide bisnis dengan modal kecil yang cocok untuk mahasiswa, semoga memberikan manfaat untuk sobat semuanya. Jangan lupa simak juga update lainnya tenatng kecantikan, cara memutihkan ketiak dengan bahan alami dan sederhana di halaman lainnya di website CAFESENI.COM.