11 Tips Membeli Apartemen untuk Pemula agar Sesuai Kebutuhan dan Tidak Kecewa

Tips Membeli Apartemen untuk Pemula agar Sesuai Kebutuhan dan Tidak Kecewa

Pesatnya pembangunan terutama di kot-kota besar mengakibatkan semakin minimnya lahan untuk pemukiman. Dengan semakin minimnya lahan maka harga perumahan juga semakin tidak terjangkau. Hal ini menjadikan apartemen adalah suatu alternatif yang masuk akal.

Selain untuk menyiasati minimnya lahan, kebanyakan pasangan muda atau orang yang masih single lebih memilih membeli apartemen karena lebih praktis dalam perawatan selain itu juga terkesan lebih modern dan simpel.

Lain pula halnya dengan penyuka investasi properti, bagi para investor apartemen adalah instrumen investasi yang cukup menggiurkan pada masa sekarang.

Seiring dengan berkembangnya pasar, maka pengembang apartemen juga bermunculan. Dengan berbagai fasilitas dan lokasi yang dianggap strategis, berbagai pilihan harga mulai apartemen biasa hingga yang sangat eksklusif, Belum lagi dengan berbagai bonus menarik.

Hal inilah yang membuat memilih dan membeli apartemen juga tidak semudah kelihatannya.

Bagi Anda yang ingin membeli apartemen, terutama untuk hunian pribadi. Tentunya Anda memiliki banyak pertimbangan agar Anda betah dan nyaman tinggal didalamnya. Namun jika ini merupakan pengalaman pertama Anda, Ada baiknya Anda menyimak beberapat tips membeli apartemen untuk pemula berikut ini:

Tips Membeli Apartemen untuk Pemula

Inilah beberapa tips membeli apartemen untuk pemula, agar apartemen yang Anda beli benar-benar sesuai dengan kebutuhan serta tidak mengecewakan nantinya.

1. Tentukan Unit Apartemen Sesuai Kebutuhan

Pada umumnya ada beberapa tipe apartemen, antara lain: studio, 1 bedroom, 2 bedroom, dan sebagainya. Tipe tersebut akan menentukan luasan yang pada akhirnya akan mempengaruhi harga.

Sebaiknya pilih apartemen sesuai kebutuhan, apakah Anda single, atau pasangan muda atau keluarga kecil agar tidak rugi nantinya.

2. Pilih Apartemen di Dekat Lokasi Kerja

Setelah mendapatka tipe apartemen sesuai kebutuhan, selanjutnya pilihan lokasi. Sebisa mungkin, pilihlah lokasi apartemen yang dekat dengan tempat Anda bekerja.

Hal ini digunakan untuk menghemat waktu, terlebih lagi jika Anda tingga di kota besar yang kemungkian akan sering mengalami kemacetan saat akan berangkat bekerja.

3. Cari Info Harga & Tentukan Kisaran Bujet yang Dimiliki

Tips yang kedua adalah menentukan bujet. Dengan mencari info apartemen dan tipe yang dibutuhkan, pastinya Anda sudah memiliki gambaran harga. Perbeda pengembang, lokasi dan juga kualitas menjadikan harganya juga berbeda.

Tentukan kisaran bujet yang Anda miliki apakah sesuai dengan yang Anda inginkan. Hal ini dilakukan agar Anda tidak mengalami kesulitan finansial setelah membeli apartemen.

4. Membandingkan Harga Apartemen

Untuk memudahkan pencarian dan pembanding harga, Anda dapat menggunakan situs jual beli properti. Hal ini menjadikan Anda memiliki plan B. Tentukanlah beberapa apartemen yang dirasa cocok baik harga ataupun tipenya sebagai cadangan. Pilih satu yang merupakan incaran pertama Anda.

5. Menghitung Pajak & Biaya Lainnya

Hal yang juga perlu dilakukan sebelum menyiapkan dana adalah menghitung biaya tambahan untuk pajak serta biaya tak terduga lainnya. Jadi ketika penghitungan bujet, masukkan harga apartemen kemudian hitung pajaknya.

Selain itu juga sediakan uang lebih sekita 10% untuk dana tak tertduga yang mungkin harus Anda bayar saat membeli satu unit apatemen. Setelah semuanya ter hitung silakan menyiapkdan dana yang akan dibutuhkan.

6. Tanyakan Fasilitas Pendukung Termasuk Lahan Parkir

Setelah Anda memilih beberapa kandidat apartemen yang sudah sesuai dengan lokasi dan juga bujet yang Anda miliki. Saatnya mencari informasi langsung terkait apartemen yang Anda inginkan satu per satu.

Hal utama yang perlu ditanyakan adalah fasilitas pendukung. Mulai dari apakah sudah full furnished? Jika sudah full furnish tanyakan barang apa yang sekiranya harus Anda bawa, apakah hanya pakaian atau harus ditambah dengan beberapa perabotan.

Tanyakan pula fasilitas bersama seperti laundry, jasa kebersihan, supermarket, restaurant bahkan sarana olahraga. Yang tidak kalah penting untuk ditanyakan dan juga wajib ada adalah keberadaan lahan parkir, terutama bagi Anda yang memiliki lebih dari satu kendaraan.

7. Perhatikan Fasilitas Umum di Sekitar Apartemen

Yang perlu Anda perhatikan berikutnya adalah fasilitas umum di sekitar apartemen. Pastikan apartemen Anda dekat dengan pusat layanan kesehatan, pusat perbelanjaan dan juga sekolah bagi Anda yang sudah berkeluarga atau merencanakan akan berkeluarga dalam waktu dekat.

Tempat yang strategis sangat dibutuhkan bagi Anda yang tinggal di kota besar agar aktivitas harian Anda lebih mudah dilakukan.

8. Kemudahan Akses Jalan & Sarana Transportasi Umum

Selain dekat dengan fasilitas publik, Anda juga harus memilih apartemen yang memiliki akses jalan mudah serta dekat dengan saraa transportasi umum seperti: stasiun KRL, halte bus, stasiun MRT dan sebagainya.

Hal ini akan memudahkan aktivitas Anda serta secara investasi nilainya menjadi lebih tinggi.

9. Kredibilitas Pengembang, Izin & Legalitas Bangunan

Ketika mencari info tentang apartemen maka perhatikan pengembangnya. Pastikan Anda mengetahui kredibilitas pengembang dengan cara mencari infonya di Asosiasi Perhimpunan Penghuni Rumah Susun Seluruh Indonesia (APERSSI).

Setelah itu pastikan developer memiliki sertifikat HGB, IMB dan SIPPT dari pemerintah setempat.

10. Beli saat Soft Launching atau Pre-Order

Tips ini sangat berguna bagi Anda yang akan membeli unit apartemen baru dan tidak terburu-buru. Jika Anda sudah yakin dengan pilihannya, agar lebih hemat Anda dapat membeli apartemen pada saat soft launching atau pada saat proses pre-order.

Pada masa ini biasanya pihak pengembang apartemen akan memberi diskon atau promo besar-besaran kepada calon pembeli. Momen seperti ini tidak ada salahnya jika Anda manfaatkan.

11. Gunakan Jasa Agen & Situs Properti

Bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk memilah dan memlih, serta mengecek satu persatu. Atau Anda sebagai pemula memiliki berbagai kekhawatiran saat akan membeli apartemen baru. Maka ada baiknya Anda menggunakan jasa agen properti profesional yang terpercaya.

Jika menggunakan jasa ini semua aktivitas mulai dari mencari lokasi, unit terbaik, melakukan nego, hingga mengurus surat-menyurat akan dilakukan sepenuhnya oleh agen properti.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan situs properti yang kredibel, misalnya Rumah.com. Anda akan dapat menemukan banyak pilihan apartemen yang menarik di Rumah.com, misalnya saja di kawasan Bekasi ada apartemen mutiara bekasi, apartemen thamrin district, apartemen taman sari iswara dan masih banyak lagi.