5 Tips Mengendarai Motor Ketika Hujan atau Banjir dengan Aman

Tips Mengendarai Motor Ketika Hujan atau Banjir dengan Aman

Tips bagaimana cara mudah berkendara sepeda motor di saat turun hujan deras atau melewati jalan yang diterjang banjir, sehingga mesin motor tidak mati dan sobat tetap bisa melanjutkan perjalanan dengan aman.

Musim Hujan

Di musim hujan sering kali memang membuat para pengendara sepeda motor sulit untuk berkendara di jalanan. Pasalnya, saat musim hujan datang dan tiba-tiba terjadi hujan, pastinya membuat jalan raya menjadi basah dan tak jarang pula jalanan yang terkena banjir.

Hal semacam ini tentunya menjadi kendala tersendiri bagi para pengguna kendaraan bermotor, terutama bagi para pengendara sepeda motor. Pada saat turun hujan atau terjadi banjir membuat para pengguna sepeda motor tidak beraktifitas seperti biasannya, karena jika sedang turun hujan dan masih tetap beroperasi maka motor yang sobat kendarai akan mengalami masalah seperti terjadinya mogok atau bahkan mati.

Seperti yang sudah sobat ketahui, bahwa genangan air merupakan salah satu penyebab terjadinya kecelakaan, ketika jalanan licin dan terkena genangan air maka sepeda motor akan sulit dikendalikan dan tentunya akan mengakibatkan kecelakaan.

Perhatikan Berita Cuaca

Sebelum berkendara, sebaiknya sobat harus melihat terlebih dahulu berita mengenai cuaca, sebab hal ini penting untuk sobat para penggguna sepeda motor karena untuk mengantisipasi atau berjaga-jaga ketika terjadi hujan atau banjir.

Simak Juga: Cara Menyetel Ulang Rem Mobil dengan Mudah, Baik & Benar Tanpa Perlu ke Bengkel.

Apabila cuaca akan terjadi hujan alangkah baiknya sobat tidak beraktivitas ke luar rumah apalagi bepergian dengan membawa sepeda motor. Tentunya hal ini sangat membahayakan sobat dan juga sepeda motor yang sobat kendarai. Akan tetapi, bagi sobat yang memiliki urusan penting dan tidak bisa ditinggalkan, pastinya masalah seperti hujan dan banjir pun akan sobat lewati.

Tips Berkendara Saat Hujan atau Banjir

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan berbagi sedikit tips untuk sobat yang memang ingin berkendaraa ketika musim hujan dan banjir. Berikut ini merupakan tips dan cara mengendarai motor ketika hujan atau banjir yang sudah kami siapkan dibawah ini. Yuk sobat simak ulasannya!

1. Cari Jalan Lain

Apabila berlangsung hujan yang begitu deras sehingga menyebabkan banjir, janganlah berpikir untuk melewatinya sebab air genangan banjir bisa mengakibatkan kerusakan kelistrikan motor sobat. Sehingga hal tersebut menyebabkan sepeda motor sobat mogok atau mati.

Nah, untuk menangani hal semacam ini sobat anjurkan untuk memilih jalan yang lain atau stop sebentar hingga air mulai berkurang.

2. Kondisikan Laju Motor

Mengondisikan laju motor yang sobat kendarai, janganlah sangat kencang waktu melewati daerah banjir yang lumayan tinggi sebab begitu beresiko. Jangan lupa pakai pertolongan rem motor sobat untuk menyesuaikan kecepatan serta keseimbangan motor.

3. Beri Pelumas Rantai

Kemudian, beri pelumas khusus pada rantai motor sobat dengan rutin dan teratur, minimum satu minggu sekali yang mempunyai tujuan untuk memproteksi rantai dari karat serta melindungi rantai tetap dinamis, maka rantai Otolovers dapat lebih baik dan awet.

4. Tutup Busi

Selanjutnya sobat aplikasikan sealent pada bagian chop atau tutup busi supaya busi terbebas dari air, hal semacam ini mempunyai tujuan untuk menghidari busi terserang air yang bisa menyebabkan motor bakal sulit dihidupkan.

5. Cuci Motor

Dan untuk yang terakhir, mencuci motor dengan menggunakan air bersih, sebab air hujan mengandung asam yang dapat mengakibatkan karat pada besi atau rangka dan bisa memudarkan warna pada motor anda. Menyiram serta bersihkan sektor rem, sebab terjadinya hujan menjadikan rem kotor maka tak berperan optimal.

Nah sobat cafeseni.com, itulah tips & cara mengendarai motor ketika hujan atau banjir yang dapat kami bagikan untuk sobat para pengguna sepeda motor yang memang bertujuan untuk menangani musim hujan dan banjir.

Tips tambahan lainnya yang perlu sobat perhatikan adalah mengecek perangkat kelistrikan motor yang sobat miliki supaya motor sobat masih tetap sempurna, dan janganlah lupa untuk senantiasa menjaga speedometer motor sobat, sebab piranti itu riskan rusak di musim penghujan.