Resep Sate Kambing Empuk dan Meresap Bumbunya, Begini Cara Membuatnya!

Resep Sate Kambing dan Cara Membuatnya

Sate adalah salah satu jenis masakan yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Terutama adalah sate kambing yang menjadi salah satu primadona masakan sate, misalnya di daerah Pulau Jawa. Sate kambing bahkan bisa menjadi alternatif masakan selain garang asem ataupun mangut lele yang juga banyak disukai. Dan bisa jadi sobat adalah salah satu penggemar fanatik sate kambing, heheheee…

Banyak orang yang memilih makan di warung sate kambing karena merasa lebih praktis dan tak mau repot. Padahal jika sobat tahu caranya, maka acara memasak sate kambing yang enak dan empuk bukanlah perkara yang sulit untuk dipraktikkan.

Bahkan, sobat bisa membuat sate kambing yang kaya akan bumbu dan tanpa bau prengus yang bisa sobat siapkan di rumah. Apalagi jika ditemani dengan dengan nasi putih hangat ditambah dengan taburan bawang goreng, serta dilengkapi dengan es teh manis. Hmm.., rasa sate kambing pun akan semakin nikmat dan tak kalah mantabnya dengan senasi makan sate kambing di warung sate.

Resep Sate Kambing dan Cara Membuatnya

Baiklah sobat, tanpa panjang lebar lagi. Berikut adalah cara membuat sate kambing yang empuk, enak dan tanpa bau prengus. Kita mulai terlebih dahulu dengan bahan-bahan yang perlu disiapkan.

Bahan-bahan: (untuk 4 porsi)

500 gram daging kambing
10 buah bawang merah
5 siung bawang putih
1 sdm ketumbar
2 butir kemiri
1/2 buah gula jawa
2 batang asam jawa
seukuran jempol jahe digeprek
3 lembar daun jeruk
1/2 sdt garam
50 ml kecap manis
2 sdm minyak goreng

Cara Membuat Sate Kambing

  1. Pertama-tama sobat haluskan beberapa bahan seperti bawang merah, bawang ptih, kemiri, ketumbar, gula jawa dan garam.
  2. Kemudian sobat masukakn ¾ bumbu ke daging yg sudah dipotong-potong dengan ukuran sesuai selera sobat.
  3. Untuk mengurangi bau prengus, sobat tambahkan saja irisan daun jeruk, jahe dan asam jawa.
  4. Kemudian sobat remas-remas agar bumbu meresap ke dalam daging. Lalu diamkan di lemari es (kulkas) kira-kira selama 30 menit.
  5. Keluarkan daging kambing dari kulkas. Saatnya sobat tusuk potongan daging kambing tersebut dengan tusukan sate, kemudian langsung dibakar di atas bara (arang) sampai sate terlihat setengah matang.
  6. Jangan lupa sobat olesi dengan sisa bumbu halus, ditambah kecap manis dan minyak. Kemudian bakar lagi hingga matang sempurna.
  7. Nah sobat, 4 porsi sate kambing siap disantap bersama teman atau keluarga di rumah. Jangan lupa lengkapi dengan sambal kecap, irisan kol dan tomat agar semakin menggoda selera.

Ternyata sangat mudah ya sobat cara membuat sate kambing itu. Kini sobat tidak perlu lagi jauh-jauh makan di warung sate kambing. Selamat mencoba!