Cara Menyetel Ulang Rem Mobil dengan Mudah, Baik & Benar

Cara Mudah Menyetel Ulang Rem Mobil Baik Benar Tanpa ke Bengkel

Ketika rem mobil berfungsi kurang maksimal, maka sobat membutuhkan tips bagaimana cara mudah menyetel ulang rem mobil dengan baik & benar tanpa perlu membawanya ke bengkel.

Rem Mobil

Rem merupakan salah satu sistem yang berfungsi sebagai penghambat atau penghenti perputaran roda pada kendaraan. Kerja rem sendiri yaitu untuk mengubah tenaga kinetik jadi panas dengan cara menggesekan dua komponen logam pada roda yang berputar, sehingga putaran pada roda tersebut akan melambat.

Dengan begitu, laju pada kendaraan menjadi pelan ataupun berhenti yang disebabkan karena adanya sistem kerja rem. Sistem rem pada sebuah kendaraan adalah salah satu komponen paling penting untuk menjaga keamanan dalam berkendara, jika rem pada kendaraan tidak berfungsi atau rem sudah mulai aus, maka keamanan berkandara pun jadi terganggu dan dapat menyebabkan bahaya.

Oleh karena itu, sistem rem pada kendaraan ini harus tahan panas, tidak mudah aus (tahan terhadap gesekan) dan juga tidak berubah bentuk ketika sistem rem bekerja dalam suhu yang tinggi.

Pada dasarnya, setiap kendaraan tentu sudah dilengkapi dengan sistem pengeremannya masing-masing, baik itu kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat (mobil), semuanya di buat dengan fitur keamanan yang di usung di dalamnya. Namun meskipun begitu, pemakaian sistem rem pada kendaraan juga tidak bisa berjalan ataupun bekerja dengan normal, sebab ada saja permasalahan yang mungkin saja bisa terjadi seiring lamanya penggunan sistem rem tersebut.

Cara Menyetel Ulang Rem Mobil

Berbicara tentang sistem pengereman, pada kesempatan kali ini kami akan berbagi sedikit informasi tips mengenai bagaimana cara mudah dalam menyetel ulang rem mobil dengan baik dan benar yang mungkin dapat bermanfaat atau dapat menginspirasi sobat ketika ingin menyetel ulang rem pada mobil yang sobat miliki. Nah, untuk lebih jelasnya, mari kita simak ulasan di bawah ini.

Alat-alat yang diperlukan:

  • Dongkrak
  • Obeng minus (-)
  • 2 Buah Baut ukuran 12 mm
  • Kunci roda atau kunci 21
  • Kunci stang rachet (kunci 12 shock)
  • Anti karat buat untuk melepas tromol

Cara membuka rem tromol pada mobil:

  1. Lengkah pertama yang harus sobat lakukan adalah mengendorkan mur yang terdapat di roda belakang, kemudian letakan dongkrak di bawahnya lalu naikan body mobil hingga tidak menyentuh tanah.
  2. Selanjutnya, silakan lepas mur roda yang tadi sudah dikendorkan, setelah itu lepaskan roda belakangnya.
  3. Jika roda sudah terlepas, silakan sobat masuk ke kabin buat untuk menurunkan rem tangan
  4. Setelah itu, putar rem tromolnya lalu sobat semprotkan cairan Anti karat melalui celah yang terdapat di mur roda dan hub roda, karena biasanya karat akan terlihat di bagian drum brake dengan hub roda.
  5. Bila sudah, silakan tunggu hingga 2 – 3 menit agar cairan anti karat tersebut meresap diantara celah hub roda serta tromol.
  6. Berikutnya, untuk dapat mengeluarkan drum brake, silakan masukan baut 12 mm pada lubang berulir ukuran 12 mm, lalu putar baut tersebut searah jarum jam dengan kunci 12.
  7. Setelah drum brake berhasil di keluarkan, kemudian sobat lepaskan tromol dan buka kembali baut yang dipakai untuk mengeluarkan drum brake tadi.
  8. Ingat, untuk dapat membuka atau melepaskan drum brake, posisi rem tangan harus turun supaya plat yang terdapat di bagian belakang brake shoe tidak bengkok.

Langkah-langkah menyetel ulang rem mobil:

  1. Pertama, silakan sobat periksa terlebih dulu ketebalan kampas remnya, jika kurang dari 1 atau 2 mm, sebaiknya sobat menggantinya dengan yang baru.
  2. Berikutnya, silakan sobat ambil obeng minus (-) lalu putar obeng ke arah atas gigi penyetel, biasanya ketika obeng diputar akan terdengan bunyi klik, kemudian hitung dari 5 sampai 10 klik. Pada saat di putar penyetel brake shoe akan mengembang.
  3. Kemudian, masukan drum brake dan upayakan tromol juga bisa masuk dengan mudah, jika tidak dapat masuk artinya stelan kampas rem terlalu banyak atau terlalu keluar. Lalu sobat kurangi beberapa klik pada putaran gigi penyetel dengan memutar ke arah bawah.
  4. Apabila sudah, silakan sobat masukan kembali drum brake dan mesti dapat berputar dengan mudah, sebab jika tidak bisa berputar dengan mudah, maka rem tidak akan bekerja dengan normal.
  5. Setelah itu, pasang kembali roda dengan benar dan kencangkan mur roda, kemudian silakan masuk ke kabin dan sobat periksa ada berapa klik bunyi rem tangan ketika tuas rem tangannya di tarik. Biasanya sesudah penyetelan rema belakang akan akan terdengar bunyi 6 hingga 7 klik. Selesai.

Sekian sedikit tips mengenai cara menyetel ulang rem mobil yang dapat kami sampaikan kepada sobat semua.