Pertumbuhan Primer dan Sekunder: Pengertian, Perbedaan & Persamaan

Pengertian Perbedaan Persamaan Antara Pertumbuhan Primer dan Sekunder

Pertumbuhan Primer dan Sekunder: Pengertian, Perbedaan & Persamaan. Materi pelajaran biologi mengenai penjelasan pertumbuhan primer dan pertumbuhan sekunder pada tanaman berkayu, yang mencakup definisi, persamaan dan perbedaan antara pertumbuhan primer dan sekunder.

Dengan memahami materi ini kami harap sobat dapat lebih mengerti lagi dan menambah wawasn ilmu pelajaran khususnya pada bidang biologi, sains dan ilmu hayat.

Jika sebelumnya telah kami sajikan untuk sobat artikel update laptop dan dunia tekno tentang harga notebook dell inspiron terbaru dan spesifikasinya, maka tak ada salahnya jika kali ini akan kami coba hadirkan informasi mengenai pengertian, perbedaan serta persamaan antara pertumbuhan primer dan sekunder di blog CAFESENI.COM.

Perbedaan Pertumbuhan Primer dan Sekunder

Apakah sobat sudah mengetahui jika sejatinya baik itu pertumbuhan primer maupun pertumbuhan sekunder, dimaan keduanya adalah cara tumbuhan berkayu meningkatkan ukurannya. Namun keduanya memiliki perbedaan yang sekiranya perlu sobat pahami.

Jika pertumbuhan primer itu akan menambah panjang atau tinggi tanaman tersebut, sementara itu untuk pertumbuhan sekunder pada akhirnya akan menambah diameter atau ketebalan dari tanaman tersebut.

Sobat masih agak bingung. Baiklah, silakan sobat baca pelan-pelan, hayati, resapi dan simak baik-baik penjelasan di bawah ini ya.

1. Pengertian Pertumbuhan Primer

Yang dimaksud dengan pertumbuhan primer adalah pertumbuhan yang terjadi dari aksi meristem utama. Pertumbuhan jenis ini dapat meningkatkan panjang batang dan menambahkan pelengkap pada bagian batang.

Adapun pertumbuhan primer itu terjadi di apeks akar hingga pucuk tanaman. Tak ayal terjadinya peningkatan panjang pada tanaman tersebut dikarenakan oleh pembelahan sel yang berlangsung secara terus-menerus pada meristem apikal.

2. Pengertian Pertumbuhan Sekunder

Jika tadi sobat sudah mengetahui pengertian pertumbuhan primer, maka sekarang sobat perlu memahami apakah pertumbuhan sekunder itu? Yang dimaksud dengan pertumbuhan sekunder adalah pertumbuhan yang terjadi dari aksi kambium. Pertumbuhan macan ini dapat meningkatkan ukuran diameter tanaman.

Pertumbuhan sekunder hanya terjadi pada tanaman berkayu saja. Penyebab terjadinya pertumbuhan jenis ini dikarenakan adanya aksi meristem lateral yang terdiri dari kambium vaskular dan kambium gabus dan hanya terjadi.

Simak Juga: Alasan Serunya Liburan ala Backpacker, Hemat Budget Hingga Momen Tak Terlupakan

Persamaan Pertumbuhan Primer dan Sekunder

  • Pertumbuhan primer dan sekunder sama-sama terjadi di tanaman berkayu.
  • Pertumbuhan primer dan sekunder sama-sama dapat menyebabkan bertambahnya ukuran tanaman.
  • Pada pertumbuhan primer dan sekunder sama-sama melibatkan sebuah jaringan meristematik.

Bagaimana sobat, sekarang sudah paham kan dengan materi pertumbuhan primer dan sekunder. Kalau belum paham juga mungkin ada baiknya sobat baca berulang kali agar meresap ke otak dan hati sobat.

Demikianlah sajian kami untuk pengertian, perbedaan serta persamaan antara pertumbuhan primer dan sekunder, semoga memberikan manfaat untuk sobat semuanya. Jangan lupa simak juga update lainnya yaitu dari dunia medis dan kesehatan, pengobatan diabetes dapat mencegah demensia pada penderita alzheimer di halaman lainnya di website CAFESENI.COM.