Cara Membuat Rambut Lembut dengan Memanfaatkan Bahan-bahan Alami

Cara Membuat Rambut Lembut dengan Memanfaatkan Bahan bahan Alami

Memiliki rambut lembut dan sehat adalah impian semua wanita. Rambut lembut dan mudah diatur bukanlah hal yang mustahil untuk didapatkan. Namun perlakuan kita terhadap rambut sehari-hari, seperti terbiasa tidur dengan rambut diikat, penggunaan hair dryer dan alat catok, paparan polusi serta sinar UV berada dalam ruangan AC.

Melembutkan rambut dengan menggunakan pelembab yang banyak dijual di pasaran tentu mudah dilakukan. Namun cara instan tersebut belum tentu tahan lama, bahkan salah-salah malah membuat rambut rusak. Sedikit demi sedikit Anda perlu merubah kebiasan dan melakukan beberapa hal di bawah ini untuk melembutkan rambut.

  • Keramas saat rambut benar-benar dalam keadaan kotor agar lapisan luar ambut tidak rusak.
  • Keramas atau cuci rambut dengan air dingin dan pakailah conditioner setiap keramas.
  • Creambath atau menggunakan masker rambut seminggu sekali.
  • Treatmen dengan inyak rambut 2 kali seminggu.
  • Gunakan vitamin rambut.

Untuk pilihan masker rambut atau creambath ada baiknya anda memilih bahan-bahan alami yang mudah didapat. Selain mudah didapat dan lebih murah bahan alami ini lebih baik karena tidak memiliki efek samping.

Membuat Rambut Lembut Secara Alami

Salah satu kunci perawatan rambut secara alami adalah sabar. Karena hasil yang diperoleh tidak bisa kamu rasakan dengan cepat. Namun jika kamu rutin menggunakannya, maka rambut akan terasa lembut dan mudah diatur. Berikut bahan alami yang biasa digunakan untuk melembutkan rambut

1. Madu

Madu merupakan bahan alami yang memiliki banyak khasiat dan manfaat, baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Salah satunya adalah untuk membuat rambut lebih lembut dan lemas. Cara memanfaatkan madu untuk melembutkan rambut seperti menggunakan conditioner. Aplikasikan madu pada rambut basah setelah keramas, diamkan beberapa saat kemudian bias hingga bersih.

2. Minyak Zaitun, Minyak Kelapa atau Minyak Kemiri

Kebalikan dari madu pemakaian minyak zaitun, minyak kelapa atau minyak kemiri dilakukan sebelum keramas sebagai oil treatmen 2 kali seminggu. Oleskan minyak ke seluruh permukaan rambut dan kulit kepala kemudian pijat lembut dan diamkan 10 menit, setelah 10 menit anda dapat keramas seperti biasa.

3. Pepaya

Pepaya dapat menjadi alternatif lainnya untuk melembutkan rambut secara alami. Untuk pengaplikasian pepaya seperti menggunakan masker rambut yaitu campur 1/2 gelas pepaya matang dengan ¼ gelas yogurt kemudian gunakan sebagai masker rambut dan diamkan 30 menit. Setelahnya bilas dengan air digin hingga bersih.

4. Pisang

Pisang untuk melembutkan rambut agaak terdengar aneh. Namun kandungan vitamin dalam pisang ampuh untuk melembutkan rambut, tak hanya melembutkan pisang juga dapat menghilangkan ketombe. Penggunaannya juga cukup dengan menghaluskan buah pisang lalu meratakan ke seluruh rambut dan diamkan 10 – 15 menit kemudian bilas dengan bersih.

5. Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan tanaman yang tidak asing digunakan untuk merawat kecantikan. Untuk masker rambut Ambil daun lidah buaya yang sudah tua kemudian kupas kulitnya, kemudian tumbuk dagingnya. Usapkan hasil tumbukan secara merata ke seuruh bagian rambut lalu diamkan 30 menit. Setelahnya bilas dengan air dingin hingga bersih.

7. Seledri

Selain untuk masak daun seledri juga bisa digunakan untuk melembutkan rambut secata alami. Selain melembutkan seledri juga dipercaya bisa menghitamkan rambut, menyuburkan rambut, juga mengatasi ketombe. Penggunaan seledri untuk melembutkan rambut adalah dengan cara merebus 1-0 gr seledri dalam segelas air. Kemudian caampurkan air rebusan dengan cuka dan ratakan ke seluruh rambut dan kulit kepala sambil dipijat. Tunggu sampai mengering kemudian keramas seperti biasa.

Demikianlah berbagai cara untuk melembutkan rambut secara dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita.