Hak Cipta

Mengenai Hak Cipta / Hak Kekayaan Intelektual (HAKI)

Cafe Seni merupakan situs penyedia jasa crowdsourcing secara online. Salah satu komitmen Cafe Seni adalah kesungguhan untuk membantu Anda membeli dan memasarkan karya secara legal. Dan, atas nama komitmen itulah, kami membuat pedoman berikut ini untuk meminimalisasikan terjadinya pelanggaran hak cipta.

  • Untuk membantu mencegah pelanggaran hak cipta, setiap karya seni yang diunggah dan ditampilkan di Cafe Seni adalah karya beresolusi rendah (low-res). Sementara untuk ukurannya, akan ditentukan dan dicantumkan pada bagian upload karya.
  • Uploadlah karya seni anda dengan resolusi yang rendah. Hal ini terutama adalah selain untuk penghematan bandwith juga untuk mencegah karya anda diunduh oleh user lain maupun non-user.
  • Bila karya seni Anda menang, pihak Cafe Seni akan memegang hak ekslusif untuk mencetak dan mengedarkan hasil karya seni Anda dalam bentuk apapun.
  • Karya seni yang sudah menang boleh digunakan kembali baik dalam perlombaan maupun dalam pembuatan produk lain.
  • Pemenang kontes akan mendapat komisi dari hasil penjualan, besar nilai sepenuhnya ditentukan oleh pihak Cafe Seni.
  • Untuk karya seni yang tidak menang, pemilik karya seni tetap memegang hak cipta dan hak edar dari karya seni tersebut dan boleh digunakan untuk kegiatan lain.
  • Anda berhak atas hak intelektual dan hak cipta dari kreasi dan materi yang telah Anda kirim ke Cafe Seni.
  • Cafe Seni berhak memasang, mengubah, mencetak, memindahkan, maupun mendistribusikan setiap gambar, karya seni, atau kreasi digital yang Anda tampilkan di situs.
  • Laporkan pelanggaran hak cipta melalui email ke [email protected]. Jika kamu menemukan anggota lain yang menggunakan hasil karyamu tanpa sepengetahuan dan persetujuanmu, silahkan kirimkan email kepada kami. Selanjutnya, kami akan menginvestigasi pelaporan tersebut, dan akan memberikan sanksi kepada anggota yang melanggar. Sanksi dapat berupa peringatan untuk menghapus konten, pencabutan konten yang dimaksud oleh Cafe Seni sendiri, hingga pencabutan hak keanggotaan.
  • Apabila anda menemukan terjadinya pelanggaran hak cipta (seperti penjiplakan desain ataupun pemakaian fotografi anda untuk sebuah website), laporkanlah melalui email ke [email protected] beserta bukti / screenshot. Selanjutnya, kami akan menindaklanjuti hal ini. Apabila pelanggar adalah anggota Cafe Seni, kami akan memberikan sanksi berupa ban sementara maupun penghapusan member.
  • Namun, Anda tidak diperkenankan untuk mengirimkan konten yang keliru, tidak akurat, menyesatkan, bersifat memfitnah ataupun mencemarkan nama baik dalam sebuah kontes. Mengirimkan komentar publik mengenai dugaan pelanggaran hak cipta melalui forum diskusi kontes juga dianggap sebagai tindakan pencemaran nama baik, dan akan ditindaklanjuti dengan seksama.
  • Pencemaran nama baik baik melalui fitnah maupun tuduhan tanpa bukti akan ditindaklanjuti dengan sanksi baik itu ban sementara maupun ban permanen.
  • Semua desainer yang mengirimkan hasil karyanya melalui Cafe Seni bersedia bertanggungjawab penuh atas hasil karyanya. Mereka tunduk pada syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Cafe Seni, dan bersedia menanggung segala sangsi atas tindakan mengkreasikan dan mengirimkan hasil karyanya apabila melalui investigasi lebih lanjut hasil karyanya terbukti sebagai bentuk plagiarisme, mencontek atau melanggar hasil karya dan hak cipta milik pihak lain.
  • Akan tetapi, Cafe Seni tidak dapat memutuskan hasil karya apa saja yang termasuk “hasil karya turunan” - hal tersebut di luar kewenangan kami. Namun, tentu saja kami akan menindak-tegas kasus-kasus replikasi secara langsung. Akan tetapi, kami tidak bisa menanggapi dugaan penyalinan, atau hasil karya yang dianggap mengambil inspirasi dari karya desainer lain. Tapi, tenang saja, kami akan mengoptimalkan sistem reputasi, sehingga para pengguna dapat menilai perilaku pengguna lainnya, di mana orisinalitas merupakan komponen kunci dari sistem tersebut.
  • Cafe Seni tidak bertanggungjawab dan tidak akan terlibat dalam usaha pelaporan pelanggaran hak cipta kepada pihak berwajib, maupun proses hukum lainnya. Segala biaya pelaporan dan pengurusan proses hukum berada di tangan pelapor, dan Cafe Seni tidak akan ikut andil didalamnya. Namun demikian, demi kepentingan penyelidikan kasus, Cafe Seni akan membantu dalam hal penyediaan bukti, dalam hal ini konten yang dilaporkan.

    Pencemaran nama baik baik melalui fitnah maupun tuduhan tanpa bukti akan ditindaklanjuti dengan sanksi baik itu ban sementara maupun ban permanen.