Hak Cipta Desain T-Shirt

40462036670506768281275914693n
Dibuat oleh agus_nug · 5 tahun lalu

Pada dasarnya, sesuai dengan ketentuan dalam Pasal 2 ayat [1] UU No. 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta (“UUHC”), hak eksklusif atas suatu ciptaan timbul sejak saat suatu ciptaan itu dilahirkan. Dengan demikian, sejak suatu ciptaan itu dilahirkan, hak penciptanya sudah dilindungi.

Lebih jauh dijelaskan dalam penjelasan Pasal 2 ayat (1) UUHC bahwa:

"Yang dimaksud dengan hak eksklusif adalah hak yang semata-mata diperuntukkan bagi pemegangnya sehingga tidak ada pihak lain yang boleh memanfaatkan hak tersebut tanpa izin pemegangnya."

Dalam pengertian “mengumumkan atau memperbanyak”, termasuk kegiatan menerjemahkan, mengadaptasi, mengaransemen, mengalihwujudkan, menjual, menyewakan, meminjamkan, mengimpor, memamerkan, mempertunjukkan kepada publik, menyiarkan, merekam, dan mengkomunikasikan Ciptaan kepada publik melalui sarana apa pun.

Sanksi yang berlaku atas pelanggaran Pasal 2 ayat (1) tersebut diatur dalam Pasal 72 ayat (1) UUHC yaitu jika ada pihak lain yang dengan sengaja dan tanpa hak melakukan perbuatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 ayat (1), dipidana dengan pidana penjara masing-masing paling singkat 1 (satu) bulan dan/atau denda paling sedikit Rp1 juta, atau pidana penjara paling lama 7 (tujuh) tahun dan/atau denda paling banyak Rp5 miliar.

Memang, secara hukum pendaftaran hak cipta tidaklah diwajibkan, akan tetapi, pendaftaran atas suatu ciptaan ini kemudian akan menjadi penting dan esensial dalam hal bila terjadi sengketa dengan pihak ketiga (bila ada pelanggaran hak cipta). Apabila terjadi suatu perselisihan/persengketaan/klaim antara dua belah pihak yang menyatakan bahwa masing-masing dari mereka itu adalah pemegang hak cipta atas suatu ciptaan, maka pendaftaran atas ciptaan yang dilakukan oleh pencipta atau pemegang hak cipta atau kuasanya dapat menjadi suatu alat bukti yang kuat di depan persidangan yang sekaligus juga menjadi suatu bahan pertimbangan bagi Hakim untuk menentukan siapa pemegang hak cipta yang sah. Sebagaimana disebutkan dalam Pasal 5 ayat (1) UUHC bahwa kecuali terbukti sebaliknya, yang dianggap sebagai Pencipta adalah:
a. orang yang namanya terdaftar dalam Daftar Umum Ciptaan pada Direktorat Jenderal; atau
b. orang yang namanya disebut dalam Ciptaan atau diumumkan sebagai Pencipta pada suatu Ciptaan.

Pada prinsipnya Hak Cipta diperoleh bukan karena pendaftaran, tetapi dalam hal terjadi sengketa di pengadilan mengenai Ciptaan yang terdaftar dan yang tidak terdaftar, serta apabila pihak-pihak yang berkepentingan dapat membuktikan kebenarannya, hakim dapat menentukan Pencipta yang sebenarnya berdasarkan pembuktian tersebut (lihat penjelasan Pasal 5 ayat [2] UUHC).

Selain melalui perlindungan hak cipta, desain T-Shirt tersebut juga dapat dilindungi melalui hak desain industri yang diatur dalam UU No. 31 Tahun 2000 tentang Desain Industri (“UU DI”). Sebagaimana dijelaskan dalam artikel Desain Kostum Tokoh Kartun Jepang, Menurut H. OK. Saidin dalam bukunya “Aspek Hukum Hak Kekayaan Intelektual (Intellectual Property Rights)” suatu lukisan, karikatur atau gambar/grafik, berupa satu dimensi maka lukisan, karikatur atau gambar/grafik tersebut dapat diklaim sebagai hak cipta. Namun, jika selanjutnya ia disusun dalam bentuk dua atau tiga dimensi dan diwujudkan menjadi satu pola yang melahirkan produk materiil dan dapat diterapkan dalam aktivitas industri, maka ia menjadi desain industri. Jadi, perlindungan atas suatu ciptaan itu timbul sejak saat suatu ciptaan dilahirkan, tanpa perlu menunggu didaftarkan. Namun, untuk hak desain industri memang harus didaftarkan (lihat Pasal 10 UU DI).

Menurut advokat dan konsultan hak kekayaan intelektual Ari Juliano Gema, perlindungan desain industri diberikan kepada desain yang bentuk dan warnanya sama persis. Jadi, apabila ada sedikit perubahan saja pada warna atau bentuk, maka desain tersebut tidak lagi dilindungi oleh Hak desain industri. Lebih jauh, simak artikel Desain Kostum Tokoh Kartun Jepang.

Praktisi hukum Hendra Setaiwan Boen dalam artikelnya Penilaian Kebaruan Menurut Hukum Desain Industri Indonesia menjelaskan antara lain bahwa perlindungan atas desain industri hanya diberikan kepada produk yang memang diproduksi secara massal, bukan produk yang hanya diproduksi satu kali. Boen menulis juga bahwa untuk menjamin perlindungan yang optimal, banyak perusahaan besar yang turut mendaftarkan desain industri mereka, walaupun desain tersebut hanyalah modifikasi atau terdiri dari penambahan detail sedikit dari desain industri yang pernah didaftarkan.

Kemudian, menjawab pertanyaan Anda selanjutnya, apakah semua ciptaan harus didaftarkan, sesungguhnya tidak ada kewajiban untuk itu, akan tetapi untuk perlindungan hukum yang maksimal, ada baiknya setiap ciptaan maupun desain industri (dalam hal ini desain T-Shirt) Anda didaftarkan, sehingga menjadi alat bukti yang kuat bahwa desain tersebut milik Anda apabila di kemudian hari terjadi sengketa.

Sumber: http://www.hukumonline.com/klinik/detail/cl6106/hak-cipta-desain-t-shirt

3 Komentar

174141255477214001xacd hammerjakarta JAKARTA SELATAN
9 bulan lalu

Toko Jual Obat Kuat Hammer Of Thor Pesan Antar / COD Di Jakarta Meliputi : Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Utara

Kami Murni Berbisnis, Jadi Barang 100% Pasti Di Kirim , Terima Kasih .

? TOKO ONLINE TERLENGKAP ? BERKUALITAS ? TERPERCAYA ?

Order Sekarang Dan Dapatkan Bonus Nya ?? Langsung Aja Hubungi

Call /Sms/WA On : 0812 8678 8444 - Pin BBM : D78ED044

Info Lebih Lengkap Kunjungi Website Kami : http://www.hammer-jakarta.com

Obat Kuat Sex Pria Thors Hammer – Hammer Of Thor atau Thors Hammer merupakan salah satu produk obat kuat paling terbukti ampuh mengatasi Ereksi penis kurang keras,Terlalu cepat mencapai ejakulasi (ejakulasi dini), Tidak mampu tahan lama seks.

Para Hammer dokter ahli di bidang obat-obatan di seluruh dunia menyarankan sebagiknya menggunakan Obat Kuat Hammer Of Thor untuk mengatasi berbagai gejala disfungsi ereksi. Seperti yang dsarankan oleh Dr. Hengki Pratama Sp.U ahli urologi.

Sayangnya, jumlah pria yang menderita masalah seksual meningkat setiap tahunnya. Banyak dari mereka yang hanya mencoba menyingkirkan gejala-gejala tidak menyenangkan yang dialami.

“Thor’s Hammer” adalah satu-satunya suplemen yang dapat menghilangkan penyebab masalah dan mengembalikan kekuatan seksual para pria. Hanya rangkaian pengobatan panjang (30 hari) ini yang akan membantu mengembalikan fungsi ereksi Anda untuk selamanya.
Suplemen ini aman dan mendapat sertifikat dari Institusi Penelitian Urologi dan direkomendasikan untuk digunakan oleh para pria dengan usia berapapun.
Dr. Hengki Pratama
Sp.U anggota urologi

1. Hammer Membantu Mengatasi Enjakulasi Dini
2. Hammer Memperlancar Sirkulasi Darah Ke Alat Vital
3. Hammer Menambah Tegang, Kuat, Keras Saat Ereksi
4. Hammer Mendapatkan Orgasme Yang Lebih Nikmat
5. Hammer Menambah Jumlah dan Gerak Sperma
6. Hammer Meningkatkan Stamina Tubuh
7. Hammer Meningkatkan Kadar Oksigen Darah Didalam Alat Vital
8. Hammer Memperlancar Aliran Darah
9. Hammer Menjaga suhu tubuh untuk mendukung perkembangan fungsi-fungsi seksual yang normal
Setelah konsumsi Hammer pertama: Pria akan merasakan kondisi fisik yang lebih berenergi dan dorongan seks yang lebih kuat. Ereksi instan dapat tercapai dengan meningkatkan aliran darah ke alat kelamin pria.

Dalam 2 minggu Minum : Kadar hormon pria yang menjadi alasan dasar utama masalah dalam hubungan seksual, akan menjadi normal. Ereksi menjadi lebih stabil dan lama. Hubungan seksual pun dapat berlangsung lebih lama, sensasinya pun akan terasa lebih intens.

Hammer Dalam 30 hari: Fungsi seksual akan sepenuhnya pulih dan kembali normal. Anda akan mendapatkan kembali keperkasaan dan kepercayaan diri Anda. Anda siap untuk melakukan hubungan seksual kapan saja tanpa perlu merasa khawatir Anda akan gagal!

Menurut Statistik 90% Para Pria Yang Berusia 35 Tahun Keatas Menderita:
Disfungsi ereksi: 8 dari 10
Gairah melemah: 7 dari 10
Ejakulasi dini: 7 dari 10
Sulit buang air kecil: 6 dari 10

Hammer Of Thors Isi 30 Capsule Made In Italy

KOMPOSISI HAMMER OF THOR/Thors HammerThor’s Hammer sendiri sangat aman untuk digunakan karena terbuat dari bahan dasar alami dengan kualitas yang telah teruji serta bersertifikat, sehingga menjadikan obat kuat ini aman untuk dikonsumsi oleh siapapun termasuk oleh semua usia.

Ekstrak keong laut : Meningkatkan frekuensi aktivitas fisik dan daya tahan di tempat tidur, memastikan ereksi yang lama dan stabil

Ekstrak lumut Utara : Dapat merangsang terjadinya ereksi, meningkatkan orgasme

Hati ikan sea devil : Meningkatkan libido (gairah seks)

Ekstrak krill plankton Antartika : Menormalkan fungsi kelenjar prostat, mengurangi gejala prostatitis dan adenoma

ATURAN MINUM DAN DOSIS HAMMER OF THORS
Cukup 2 kapsul per hari ( membuat hubungan seksual anda bertahan hingga 3 jam lebih lama – mengoptimalkan gairah dan sensasi selama berhubungan seksual.

HARGA HAMMER JAKARTA:
550.000 ( Lima Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah)

Jangkauan Pengiriman Hammer-Jakarta.Com Di Seluruh Indonesia

logo dekiddie ardianta MATARAM
4 tahun lalu

Untuk ke depannya mudah-mudahan ada yang postingan yang membahas tentang hak cipta menggunakan cretive commons (cc).

4 tahun lalu

wah baru tau nih ada undang - undangnya, nice post he5

Untuk memberikan komentar silahkan LOGIN atau DAFTAR