ABOUT US

Kami yakin Indonesia mempunyai sangat banyak seniman yang berbakat dan berkualitas, CafeSeni ingin menjadi salah satu wadah untuk para seniman berkarya.

Tentang Cafe Seni

Secara garis besar, Cafe Seni adalah komunitas. Komunitas ini beranggotakan para seniman, baik yang profesional maupun amatir. Sebagai komunitas, pertukaran ilmu dan tempat terjalinnya persahabatan baru antar seniman adalah yang paling utama. Selebihnya, Cafe Seni adalah wadah showcase bagi para seniman untuk memamerkan karya dan memberikan masukan positif pada seniman lainnya.

Misi Cafe Seni

Misi utama Cafe Seni adalah membentuk komunitas seniman Indonesia yang kuat sehingga para seniman Indonesia dapat dikenal baik oleh masyarakat Indonesia maupun manca negara pada jangka panjang. Selain itu, misi jangka panjang Cafe Seni adalah membantu para seniman muda untuk memperkenalkan nama mereka pada perusahaan ataupun masyrakat di luar.

Dalam jangka pendeknya, Cafe Seni memanfaatkan “crowdsourcing” untuk membantu para seniman mendapatkan penghasilan tambahan dengan kontes-kontes internal maupun kontes yang diadakan perusahaan, sekaligus untuk memperkenalkan nama para seniman.

Core Value

Adapun core value dari Cafe Seni adalah:

  1. Creativity
  2. Sense of Belonging
  3. Excellence

Kreatifitas adalah hal yang utama bagi semua seniman. Oleh karena itu, kreatifitaslah yang ditonjolkan dan dicari dari para seniman. Melalui core value ini, Cafe Seni mengharapkan bahwa setiap seniman mengeluarkan ide-ide orisinil tanpa harus menjiplak karya orang lain.

Adapun sebuah komunitas tidak sama dengan koalisi. Komunitas lebih mengedepankan rasa memiliki, sehingga baik tiap anggota maupun admin Cafe Seni diharapkan untuk memperlakukan sesama seniman dengan baik. Selain itu, para seniman akan mempertahankan keanggotaannya walaupun sudah banyak mendapat job di luar dengan alasan komunitas.

Seorang seniman yang ekselen adalah mereka yang berani, tidak takut bereksperimen dan bangga akan hasil karyanya. Mereka tidak membanding-bandingkan karyanya dengan seniman lain atas dasar orisinalitas. Cafe Seni mengharapkan para seniman untuk bangga akan karyanya sendiri dengan mengindahkan masukan-masukan dari sesama seniman, namun tidak kecil hati apabila terdapat kritikan.

Mengapa Cafe Seni?

Satu hal yang membedakan Cafe Seni dengan situs crowdsourcing lainnya adalah basisnya. Cafe Seni murni berbasis komunitas dengan tujuan untuk memajukan para seniman Indonesia. Maka dari itu, prioritas utama admin Cafe Seni adalah para seniman, bukan keuntungan.